Jum'at, 14/05/2021 23:40 WIB

Paus Ajak Semua Pihak Hentikan Perang Suriah

Paus Fransiskus menyebut perang saudara di Suriah sebagai salah satu krisis kemanusiaan terburuk saat ini.

Pemimpin Umat Katolik dunia Paus Fransiskus (Foto: Doknet)

Kota Vatikan, Jurnas.com - Paus Fransiskus menyebut perang saudara di Suriah sebagai salah satu krisis kemanusiaan terburuk saat ini.

Dalam peringatan 10 tahun perang tersebut pada Minggu (14/3), Paus mengajak semua pihak untuk memberikan harapan baru untuk negara yang kini hancur itu.

Sebagaimana diketahui, pada pertengahan Maret 2011, protes damai pro-demokrasi berkembang menjadi konflik multisisi yang menyedot kekuatan dunia, menewaskan ratusan ribu orang dan membuat jutaan lainnya mengungsi.

"Saya memperbarui seruan sepenuh hati saya agar semua pihak dalam konflik menunjukkan tanda niat baik sehingga secercah harapan dapat terbuka bagi populasi yang kelelahan," kata Paus Fransiskus kepada ratusan orang di Lapangan Santo Petrus dikutip dari Reuters.

"Suriah telah melihat setiap jenis kekerasan dan penderitaan yang sangat besar oleh penduduk, terutama yang paling rentan, seperti anak-anak, wanita dan orang tua," lanjut Paus yang Senin lalu kembali dari perjalanan ke perbatasan Irak.

Dia juga menyerukan komitmen tegas oleh komunitas internasional untuk mengakhiri pertempuran, dan membantu rekonstruksi dan pemulihan ekonomi.

 
TAGS : Paus Fransiskus Perang Suriah Tragedi Kemanusiaan Rekonsiliasi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :