Rabu, 21/04/2021 18:30 WIB

Cegah Banjir di DKI, Pemerintah Modifikasi Cuaca

Kegiatan modifikasi yang dilakukan melalui teknik penyemaian awan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara

Ilustrasi banjir Jakarta

Jakarta, Jurnas.com - TNI Angkatan Udara dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan teknologi modifikasi cuaca untuk mengurangi intensitas curah hujan yang berpotensi banjir di Jabodetabek.

Kepala Koordinator Lapangan Tim BPPT Dwipa Wirawan Soejoed mengatakan, Rabu, kegiatan modifikasi yang dilakukan melalui teknik penyemaian awan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara.

Penyemaian awan pada Rabu dilakukan sebanyak tiga penerbangan yakni, dua kali penerbangan menggunakan pesawat CN295 A-2901 dan satu kali penerbangan menggunakan pesawat Cassa 212 A-2105.

Dia menambahkan penyemaian menggunakan Nacl Powder atau garam bertujuan untuk mempercepat proses pertumbuhan terjadinya hujan di perairan Selat Sunda, utara Pulau Jawa dan Kepulauan Seribu sehingga proses terjadinya hujan di wilayah Jabodetabek dapat berkurang 24 persen.

"Memasuki hari ke empat teknik teknologi modifikasi cuaca yang dilakukan TNI AU dan BPPT ini telah berhasil melaksanakan penyemaian awan dengan total Nacl Powder yang telah di tebar sebanyak 12.000 kilogram dalam 8 sortie penerbangan," jelas Dwipa Wirawan Soejoed.

Modifikasi cuaca telah dilakukan di wilayah Barat Daya Lampung, Teluk Lampung, Pantai Timur Pesisir Lampung, Selat Sunda, Perairan Selatan Provinsi Banten, dan Ujung Kulon.

"Upaya ini dapat mengurangi curah hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Jabodetabek," pungkas dia.(Anadolu Agency)

TAGS : Modifikasi Cuaca Banjir DKI Jakarta




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :