Selasa, 20/04/2021 05:52 WIB

Hadir Virtual di Perayaan Imlek 2021, Harapan Jokowi di Tahun Kerbau Logam

Presiden Jokowi hadir dalam acara perayaan Imlek 2021 secara virtual. Ini harapannya.

Presiden Jokowi di Imlek 2021. (Foto : Jurnas/Unt).

Jakarta, Jurnas.com- Perayaan Imlek 2021 ini dirayakan dengan penuh kesederhaan dan tanpa ada kerumunan. Situasi pandemi Covid-19 membuat tahun baru Imlek dilaksanakan dengan penuh khidmat dan doa.

Presiden RI Joko Widodo hadir dalam perayaan Imlek 2021 yang digelar secara virtual. Ia mengatakan, perluasan lapangan kerja sangat penting dalam situasi saat ini untuk mendongkrak ekonomi bangsa agar lebih baik lagi. Itu disampaikan dalam perayaan Imlek Nasional 2021 bertema Untukmu Negeri, Kami Berbakti dan Peduli, Sabtu (20/2/2021).

Mantan Gubernur DKI ini telah memerintahkan semua kementerian untuk menjalankan program padat karya sebanyak mungkin melalui optimalisasi APBN dan APBD. Harapannya, jelas dia, kebijakan itu bisa membuka peluang kerja sebesar mungkin.


Pemerintah juga mendorong UMKM agar bisa berproduksi kembali dengan memberikan prioritas belanja pemerintah untuk produk dalam negeri. Selain itu, pemerintah membangun ekosistem yang kondusif bagi investasi baru dan kebangkitan usaha-usaha skala besar.

"Sekali lagi kuncinya adalah gotong royong sebagai bangsa besar. Saya berharap di tahun kerbau ini kita secara bersama-sama bergotong-royong bisa menggerakkan kekuatan besar kita, keberanian kita, kedisiplinan kita untuk melakukan lompatan-lompatan dan terobosan-terobosan baru."

Selain itu Jokowi juga menyoroti tentang penanganan wabah Covid-19 yang melanda dunia dan juga Indonesia khususnya. Ia berharap agar vaksinasi menyeluruh bias diselesaikan pada akhir tahun 2021 ini.

“Kita akan mengerahkan Semua kekuatan bangsa dikerahkan untuk mengatasi Covid,  Vaksinasi harus bias diselesaikan pada akhir tahun ini. Saat ini  kita punya 30rb Vaksinator, termasuk dari TNI, jadi saya yakin hingga akhir tahun ini proses vaksinasi akan bias diselesaikan,” ungkap Jokowi.

Sementara itu dalam sambutanya Ketua Panitia Imlek Nasional Gandy Sulistiyanto  memaparkan history Imlek yang berasal dari Tiongkok, kemudian melaui dispora perayaan ini dibawa ke seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia namun pada hakekatnya di Indonesia sudah menjadi bagian dari khasanah budaya dan tradisi yang dirayakan oleh seluruh lapisan masayarakat.

“Di negeri kita perayaan  Imlek bermetamorfosa, dirayakan oleh masyarakat luas, sehingga menjadi kekayaan khasanah budaya Bangsa Indonesia”, jelas Gandy.

“Perayaan Imlek yang  tahun ini merupakan Tahun Kerbau Logam, kami berharap agar  kesehatan rejeki dan  dan kesuksesan serta rahmat senantiasa  melimpah pada kita semua”, sambungnya.

Dalam acara Imlek  yang pada tahun 202i ini selain dihadiri oleh Presiden Jokowi, juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma,ruf Amin, Panglima TNI. Hadi Tjahyanto,  Kapolri Listyo Sigit Prabowo, serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan para Gubernur. Hadir juga mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Shinta Nuriyah Wachid, para Duta besar negara sahabat, para tokoh lintas agama serta para para undangan.

TAGS : Presiden Jokowi Imlek 2021 Tahun Kerbau




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :