Jum'at, 17/05/2024 09:23 WIB

Kementan Dorong Regenerasi Petani Melalui Pelatihan dan Sekolah

Polbangtan Malang menerapkan 70 persen praktik dan 30 persen teori. Sama dengan kampus Polbangtan lainnya di Indonesia.

misi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke wilayah Jawa Timur, salah satunya mengunjungi Polbangtan Malang.

Malang, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) akan terus mendoronglahirnya petani muda. Regenerasi tersebut dilakukan melalui penguatan, penumbuhan dan peningkatan kapasitas SDM Pertanian baik melalui pelatihan maupun sekolah.

Regenerasi petani juga disampaikan saat Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke wilayah Jawa Timur, salah satunya mengunjungi Polbangtan Malang. Kunjungan yang sekaligus meninjau proses regenerasi petani muda yang tangguh melalui jalur sekolah.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementan terus mendorong hadirnya petani muda di Polbangtan.

"Masa depan pertanian Indonesia ada di generasi milenial, ada di tangan petani-petani muda. Karena lewat merekalah inovasi-inovasi sektor pertanian bisa dihadirkan," kata Syahrul.

Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, menyatakan hal serupa. "Saat ini, pertanian kita didominasi petani tua. Jika tidak dilakukan regenerasi, dalam 5 sampai 10 tahun mendatang bisa kekurangan petani," ungkapnya.

Sekretaris BPPSDMP, Siti Munifah yang hadir saat kunjungan kerja Komisi IV DPR RI di kampus Polbangtan Malang (15/2), menjelaskan Polbangtan Malang merupakan salah satu dari tujuh politeknik pertanian yang berada di bawah BPPSDMP.

Dia menjelaskan sebagai sekolah vokasi, Polbangtan Malang menerapkan 70 persen praktik dan 30 persen teori. Sama dengan kampus Polbangtan lainnya di Indonesia.

Mahasiswa dididik bukan sebagai pencari kerja, tetapi pencipta lapangan pekerjaan. "Mayoritas peserta didik adalah anak petani. Dan salah satu program aksi di Polbangtan adalah regenerasi pertanian," ujar dia.

Karena itu, dia berharap dukungan dari Komisi IV DPR RI terkait dengan program dan pembiayaan bagi pengembangan SDM pertanian yang tangguh, unggul dan berdaya saing.

Dalam kesempatan itu, Siti Munifah, didampingi Direktur Polbangtan Malang Bambang Sudarmanto, Kepala BBPP Batu Wasis Sarjono, dan Kepala BBPP Ketindan Sumardi Noor serta pejabat terkait lingkup Kementerian Pertanian menyambut rombongan kunjungan kerja komisi IV di Aula Sasana Giri Sabha Polbangtan Malang

Sementara dari rombongan Komisi IV yang dipimpin oleh Wakil Ketua Anggia Erma Rini, hadir Hasan Aminuddin, Ono Surono, Sutrisno, Mindo Sianipar, Yohanis Fransiskus Lema, Panggah Susanto, Endang Setyawati Thoharo , Endro Hermono, Charles Meikyansah, Abdullah Tuasikal, Muhtarom, Edward Tannur, Luluk Nur Hamidah, Bambang Purwanto, Guntur Sasono, Andi Akmal Pasluddin, Haerudiin, Slamet Ariyafi, Ema Umiyyatul Chusnah dan lainnya.

KEYWORD :

Regenerasi Petani Petani Muda Siti Munifah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :