Sabtu, 19/06/2021 00:36 WIB

Tentara AS Kembali Bangun Pangkalan Militer di Suriah

Tentara Amerika Serikat mulai membangun pangkalan kedua di wilayah Al-Malikiyah di provinsi timur laut Hasakah Suriah. 

Pasukan Kurdi Suriah ambil bagian dalam demonstrasi melawan ancaman Turki di pangkalan koalisi internasional pimpinan AS di pinggiran Ras al-Ain di Suriah [DELIL SOULEIMAN / AFP

Jakarta, Jurnas.com - Tentara Amerika Serikat dikabarkan mulai membangun pangkalan kedua di wilayah Al-Malikiyah di provinsi timur laut Hasakah Suriah. Bahkan tentara AS dikabarkan sudah mengirimkan bala bantuan untuk memuluskan rencana tersebut.

Dilansir Middleeast, Kamis (18/02), selama beberapa hari terakhir, pasukan AS telah mengerahkan bala bantuan militer termasuk 60 kendaraan lapis baja dan kendaraan teknik tentara untuk melakukan penggalian, perataan, dan pembangunan barikade di daerah barat daya Ain Dewar di perbatasan segitiga antara Suriah, Irak, dan Turki.

Pada akhir bulan lalu, pasukan Amerika mulai mendirikan pangkalan di dekat Tal Alu di daerah Al-Yarubiya di pedesaan timur Hasakah.

Pangkalan militer itu diduga bertujuan untuk memperkuat titik-titik pendudukan Amerika dan situs mereka di sekitar ladang minyak untuk memastikan berlanjutnya perampokan dan penjarahan kekayaan Suriah.

Selain itu, AS bertujuan mengamankan jalan yang digunakannya untuk operasi pencurian melalui penyeberangan ilegal yang dibuatnya untuk tujuan ini di pedesaan timur Hasakah.

Bulan lalu, SANA melaporkan bahwa pasukan Amerika telah mendirikan bandara militer untuk pangkalannya di ladang minyak Al-Omar di pedesaan timur Deir Ezzor.

TAGS : Tentara AS Pangkalan Militer Hasakah Suriah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :