Jum'at, 26/04/2024 00:48 WIB

Berkat Kolaborasi IZI-MTXL, Jembatan Talagahiang Kini Terbangun Kembali

Lembaga penghimpun dan pengelola zakat, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) bekerja sama dengan Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) membangun kembali Jembatan Talagahiang di Kecamatan Cipanas, Lebak, Banten

Peresmian jembatan Talagahiang, Lebak Banten

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga penghimpun dan pengelola zakat, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) bekerja sama dengan Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) membangun kembali Jembatan Talagahiang di Kecamatan Cipanas, Lebak, Banten yang sebelumnya hancur karena sempat diterjang banjir bandang pada Januari lalu.

Jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung antar Desa Talagahiang dan Desa Sipayung, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten. Sebelum terjadinya banjir bandang, jembatan Talagahiang ini mampu merangsang tumbuhnya aktivitas ekonomi warga sekitar.

Tercatat bahwa kehadiran jembatan tersebut melahirkan bisnis agrowisata berupa tempat makan dan pemancingan yang berdiri di sekitar jembatan serta pinggir sungai, ada juga kehadiran keramba bagi warga beternak ikan.

Pascabencana, warga kecamatan Cipanas, Lebak-Banten membangun jembatan darurat menggunakan material bambu dan kayu. Bangunan penghubung tersebut hanya dapat dilewati para pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Berkali-kali jembatan kayu dan bambu itu ikut roboh akibat tergerus aliran sungai.

Budi Pramantika selaku Direktur Finance XL Axiata mengatakan, kerjasama antara IZI dan MTXL dalam pembangunan kembali Jembatan Talagahiang tidak hanya membantu kerja Pemerintah Daerah Lebak-Banten, tapi juga berefek bagi warga setempat terutama dalam meningkatkan ekonomi usahawan kecil-menengah serta pengguna roda empat.

“Suatu kehormatan bagi kami manajemen dan karyawan XL Axiata bisa ikut berpartisipasi membangun kembali jembatan yang menghubungkan kedua desa, program ini sendiri merupakan sendiri berasal dari donasi karyawan, dana wakaf manajemen dan pelanggan setia PT XL Axiata” tutur Budi Pramantika.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak Maman Suparman mengapresiasi upaya yang dilakukan IZI dan MTXL untuk membangun Jembatan Talagahiang. Dia optismistis apa yang dilakukan IZI dan MTXL tersebut bisa turut mendorong perekonomian warga setempat.

“Semoga kerjasama pembangunan infrastruktur penghubung ini terus berkelanjutan, sehingga menghidupkan kembali urat nadi perekonomian warga sekitar yang dahulu sempat berjalan,” ujar Maman.

Yuda Pradida selaku Pejabat Kepala Desa mengucapkan banyak terima kasih kepada XL Axiata dan IZI dengan telah dibangunnya jembatan ini, harapannya dengan dibangun jembatan ini akses perekonomian dan akses pendidikan bagi warga desa ini bisa berjalan lancar karena ini merupakan akses yang sangat vital bagi masyarakat.

Untuk itu, IZI dan MTXL berupaya memudahkan aktivitas warga terdampak banjir bandang Lebak-Banten dengan meningkatkan spesifikasi bangunan jembatan penghubung tersebut agar lebih kokoh dan dapat dilalui kendaraan roda empat. Insha Allah dengan gotong royong kita dapat memuliakan dhuafa.

KEYWORD :

Lembaga IZI Jembatan Talagahiang MTXL




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :