Rabu, 24/04/2024 22:41 WIB

SNMPN 2021 Dibuka, Ini Daftar 44 Politeknik Negeri Pilihan

Dalam SNMPN 2021 ini, terdapat 44 politeknik negeri se-Indonesia yang dapat menjadi pilihan para lulusan SMA, SMK, dan MA.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud Wikan Sakarinto (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Wikan Sakarinto meresmikan pembukaan jalur penerimaan mahasiswa baru, melalui Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2021.

Dalam SNMPN 2021 ini, terdapat 44 politeknik negeri se-Indonesia yang dapat menjadi pilihan para lulusan SMA, SMK, dan MA.

Dalam sambutannya, Wikan mengajak masyarakat untuk tetap optimistis pada jalur pendidikan vokasi, dari manapun asal sekolahnya.

"Saat ini era bagi pendidikan vokasi untuk maju dan berkembang, seiring dengan kebutuhan SDM. Link and match dengan dunia industri menjadi sebuah keharusan ditambah dengan kolaborasi dalam inovasi," ujar Wikan secara daring pada Senin (11/1).

"Untuk itu, bagi adik-adik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, harus memiliki visi ke depan dan kekuatan karakter, tidak melulu harus memiliki kemampuan analitic. Untuk vokasi yang dibutuhkan adalah kekuatan praktek atau hands on yang mengalir dengan kemampuan analitik secukupnya," sambung dia.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik se-Indonesia, Zainal Arief mengatakan bahwa jalur SNMPN ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jalur vokasi.

Meski tahun ini pendaftarannya dilakukan secara daring guna meminimalisasi penularan Covid-19, namun dari tahun ke tahun tren pendaftarnya selalu naik.

Jika tahun lalu ada 42 Politeknik negeri yang bergabung pada seleksi ini, lanjut Zainal, tahun ini ditambah Politeknik Nusa Utara dan Politeknik Negeri Nunukan yang baru bergabung.

Adapun pola seleksinya tertuang dalam suatu sistem yang terpadu, dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di SMA.

"Selain prestasi akademik, prestasi lainnya yang non-akademik juga turut menjadi bahan pertimbangan lolos tidaknya siswa tersebut," tegas Zainal.

Zainal menambahkan, pendaftaran calon peserta/siswa melalui jalur SNMPN ini tidak dikenakan biaya sepeser pun, karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah.

Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah, tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program KIP-K.

"Meski hingga saat ini kami belum menerima informasi lebih lanjut mengenai KIP-K, namun kami optimistis pemerintah akan memberikan akses yang luas agar siswa-siswa berprestasi dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," kata Zainal.

Untuk mengakses laman pendaftaran, sekolah masuk melalui laman https://snmpn.politeknik.or.id menggunakan username dan password yang diberikan panitia kepada masing-masing sekolah.

Berikutnya, sekolah merekomendasi dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara online. Pendaftaran dibuka mulai hari ini (11/1) hingga 19 Maret 2021 mendatang dan hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus tahun ini.

Berikut ini daftar politeknik negeri yang tergabung dalam SNMPN 2021:
1. Politeknik Manufaktur Negeri Bandung
2. Politeknik Negeri Jakarta
3. Politeknik Negeri Medan
4. Politeknik Negeri Bandung
5. Politeknik Negeri Semarang
6. Politeknik Negeri Sriwijaya
7. Politeknik Negeri Lampung
8. Politeknik Negeri Ambon
9. Politeknik Negeri Padang
10. Politeknik Negeri Bali
11. Politeknik Negeri Pontianak
12. Politeknik Negeri Ujung Pandang
13. Politeknik Negeri Manado
14. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
15. Politeknik Negeri Banjarmasin
16. Politeknik Negeri Lhokseumawe
17. Politeknik Negeri Kupang
18. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
19. Politeknik Negeri Jember
20. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
21. Politeknik Pertanian Negeri Kupang
22. Politeknik Perikanan Negeri Tual
23. Politeknik Negeri Malang
24. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
25. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
26. Politeknik Negeri Samarinda
27. Politeknik Negeri Media Kreatif
28. Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
29. Politeknik Negeri Batam
30. Politeknik Negeri Bengkalis
31. Politeknik Negeri Balikpapan
32. Politeknik Negeri Madura
33. Politeknik Maritim Negeri Indonesia
34. Politeknik Negeri Banyuwangi
35. Politeknik Negeri Madiun
36. Politeknik Negeri Fakfak
37. Politeknik Negeri Sambas
38. Politeknik Negeri Tanah Laut
39. Politeknik Negeri Subang
40. Politeknik Negeri Ketapang
41. Politeknik Negeri Cilacap
42. Politeknik Negeri Indramayu
43. Politeknik Negeri Nusa Utara
44. Politeknik Negeri Nunukan

KEYWORD :

SNMPN 2021 Seleksi Politeknik Negeri Wikan Sakarinto Dirjen Vokasi Kemdikbud




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :