Senin, 29/04/2024 12:19 WIB

NASA Gandeng Nokia Sediakan Layanan Seluler di Bulan

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, NASA akan mendanai proyek oleh Nokia untuk membangun jaringan komunikasi seluler 4G di bulan 

ilustrasi penyedia layanan seluler di bulan

Jakarta, Jurnas.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, NASA akan mendanai proyek oleh Nokia untuk membangun jaringan komunikasi seluler 4G di bulan dengan biaya sekitar $ 14,1 juta.

Proyek itu adalah bagian dari kontrak baru senilai $ 370 juta untuk misi penelitian permukaan bulan yang diumumkan NASA pada Rabu. Sebagian besar uang masuk ke perusahaan luar angkasa besar seperti SpaceX dan United Launch Alliance untuk menyempurnakan teknik membuat dan menangani propelan roket di luar angkasa.

Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan, badan antariksa harus segera mengembangkan teknologi baru untuk hidup dan bekerja di bulan jika ingin mewujudkan tujuannya agar astronot bekerja di pangkalan bulan pada tahun 2028.

"Kami membutuhkan sistem tenaga yang dapat bertahan lama di permukaan bulan, dan kami membutuhkan kemampuan tempat tinggal di permukaan," kata Bridenstine dilansir UPI, Jumat (16/10).

Nokia dari Amerika Utara menerima kontrak untuk proyek komunikasi bulan. Perusahaan induk yang berbasis di Finlandia, Nokia, memiliki anak perusahaan AS.

Nokia dan perusahaan Inggris Vodafone telah mengumumkan tujuan mereka untuk misi bulan pada tahun 2018. Mereka telah merencanakan untuk meluncurkan pendarat dan penjelajah yang dibuat oleh Audi, dengan menggunakan roket SpaceX.

Pada saat itu, perusahaan mengatakan mereka akan mendarat di dekat lokasi pendaratan Apollo 17 dan meminta penjelajah memeriksa Lunar Roving Vehicle, atau kereta bulan, yang ditinggalkan astronot pada tahun 1972. Peluncuran itu tidak pernah terjadi, tetapi kontrak baru tersebut menghidupkan rencana Nokia. untuk proyek bulan.

"Sistem ini dapat mendukung komunikasi permukaan bulan pada jarak yang lebih jauh, meningkatkan kecepatan, dan memberikan keandalan yang lebih dari standar saat ini," kata NASA dalam pengumuman penghargaan kontraknya.

Memiliki layanan seluler di bulan dapat mendukung komunikasi antara pendarat bulan, penjelajah, habitat, dan astronot, kata Jim Reuter, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Teknologi Antariksa NASA.

"Sistem ini juga akan meluas ke pesawat ruang angkasa," kata Reuter. "Dengan pendanaan NASA, Nokia akan melihat bagaimana teknologi terestrial dapat dimodifikasi untuk lingkungan bulan guna mendukung komunikasi yang andal dan berkecepatan tinggi."

Nokia tidak menanggapi pertanyaan tentang lokasi pendaratan yang dimaksudkan untuk misi pertama perusahaan. NASA belum memutuskan lokasi pendaratan untuk misi Artemis agensi, tetapi Bridenstine menegaskan pada Rabu bahwa targetnya adalah situs di dekat endapan es air di Kutub Selatan bulan.

Kontrak tersebut diarahkan pada program Tipping Point NASA, yang mendanai teknologi yang, jika terbukti berhasil, kemungkinan besar akan diadopsi oleh industri swasta.

"Kami ingin membangun infrastruktur di bulan yang akan memungkinkan kemitraan internasional untuk koalisi peneliti dan penjelajah inklusif terbesar, terluas, paling beragam dalam sejarah umat manusia," kata Bridenstine.

Teknologi lain yang didanai termasuk demonstrasi pembangkit listrik permukaan bulan dan penyimpanan energi.

Mesin Intuitif yang berbasis di Houston, misalnya, akan mengembangkan "robot pelompat" yang dapat meluncurkan dan membawa muatan kecil dari satu situs bulan ke situs lainnya.

Dan Alpha Space, yang juga berbasis di Houston, akan membuat laboratorium kecil yang dapat mendarat di permukaan bulan dan memungkinkan para peneliti untuk mempelajari bagaimana suhu ekstrim dan radiasi mempengaruhi material dan elektronik.

KEYWORD :

Lembaga NASA Perusahaan Nokia Layana Seluler Bulan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :