Selasa, 15/06/2021 13:41 WIB

DPR Apresiasi Opini WTP Kemdikbud

Dengan opini WTP atas Laporan Keuangan Kemdikbud tahun 2019, maka kementerian yang digawangi Nadiem Anwar Makarim itu telah meraih opini WTP selama tujuh tahun berturut-turut mulai 2013-2019.

Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda (tengah) saat menerima pengaduan para orang tua calon siswa terkait PPDB

Jakarta, Jurnas.com - Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) memberikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), atas capaian opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kemdikbud tahun 2019 dengan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dengan opini WTP atas Laporan Keuangan Kemdikbud tahun 2019, maka kementerian yang digawangi Nadiem Anwar Makarim itu telah meraih opini WTP selama tujuh tahun berturut-turut mulai 2013-2019.

"Berdasarkan dokumen LKPP tahun 2019, Komisi X DPR RI mengapresiasi realisasi anggaran tahun 2019 di atas APBN untuk Kemendikbud sebesar 101,39 persen, dan Kemenristekdikti sebesar 110,6 persen," kata Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda dalam rapat kerja bersama Kemdikbud di ruang rapat Komisi X DPR RI, Jakarta pada Kamis (27/8).

Mendikbud Nadiem mengatakan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Kemendikbud Tahun 2019, diterima pada 21 Juli 2020.

Adapun sejumlah langkah yang telah dan sedang dilakukan baik selama proses maupun setelah pemeriksaan ialah: Telah menyusun Rencana Aksi tindak lanjut terhadap penyelesaian temuan pemeriksaan dimaksud dan telah disampaikan ke BPK RI.

Juga, terkait dengan kepatuhan khususnya pengembalian ke kas negara sebagian besar telah dilakukan penyetoran ke kas negara dan sisanya dalam proses tindaklanjut. Ditambah, melakukan monitoring perkembangan tindaklanjut pada unit kerja terkait.

"Yang keempat, Kemdikbud berkomitmen untuk terus meningkatkan akuntabilitas dan pengendalian, terhadap pengelolaan keuangan negara dan Barang Milik Negara di lingkungan Kemdikbud," tutur Mendikbud.

TAGS : Wajar Tanpa Pengecualian Kemdikbud DPR RI Opini WTP




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :