Selasa, 03/08/2021 12:10 WIB

Turki Bombardir Markas Kurdi di Gunung Sinjar

Jet tempur Turki menghantam sasaran militan Kurdi di Gunung Sinjar, Irak utara dengan sekitar 20 rudal pada Minggu (14/6) kemarin.

Pejuang Kurdi dari Unit Perlindungan Rakyat (YPG) berdiri dekat kendaraan militer AS di kota Darbasiya perbatasan Turki, Suriah pada 29 April 2017 (Foto: Reuters)

Ankara, Jurnas.com - Jet tempur Turki menghantam sasaran militan Kurdi di Gunung Sinjar, Irak utara dengan sekitar 20 rudal pada Minggu (14/6) kemarin. Demikian keterangan Kementerian Pertahanan Turki.

"Operasi Cakar-Elang telah dimulai. Pesawat-pesawat kami membawa gua-gua itu jatuh ke kepala para teroris," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Turki juga mengumumkan hasil terbaru dalam serangkaian operasi yang menargetkan para militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) sebagaimana laporan Reuters.

Turki secara teratur menargetkan gerilyawan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), baik di Turki tenggara terutama Kurdi dan di Irak utara, tempat kelompok itu bermarkas.

Maret lalu, dua tentara Turki tewas dan dua lainnya cedera setelah serangan mortir oleh gerilyawan Kurdi di wilayah Haftanin, Irak utara, menurut Kementerian Pertahanan Turki.

Tak lama setelah itu, kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah bahwa pesawat tempur Turki telah mencapai empat sasaran di wilayah itu, menewaskan delapan militan PKK.

PKK ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa. Sekitar 40.000 orang telah tewas dalam pertempuran antara pasukan Turki dan PKK.

TAGS : Suku Kurdi Turki Serangan Udara




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :