Sabtu, 24/07/2021 18:40 WIB

COVID-19 Dapat Menginfeksi Bangsal Rumah Sakit dalam 10 Jam

Sepuluh jam kemudian, ditemukan dalam sampel di 41% bangsal rumah sakit, termasuk di tempat tidur, pegangan pintu, mainan anak-anak, dan buku-buku. 

Vaksin virus corona Italia memiliki antibodi yang dihasilkan pada tikus yang bekerja pada sel manusia, menurut tes yang dilakukan di Rumah Sakit Spallanzani, penyakit menular Roma. (File foto: Reuters)

London, Jurnas.com - Peneliti di Inggris mengatakan, virus corona baru yang dikenal COVID-19 dapat menginfeksi seluruh bangsal rumah sakit hanya dalam 10 jam.

Para ilmuwan di University College London (UCL) dan Great Ormond Street Hospital juga menemukan bahwa COVID-19 dapat tetap aktif di permukaan dalam lingkungan seperti itu selama lebih dari lima hari.

Hal ini memperkuat kebutuhan staf medis untuk menggunakan metode kebersihan dan desinfeksi yang ketat di fasilitas yang bahkan tidak diketahui telah terkena COVID-19.

Para peneliti meninggalkan satu mililiter air yang mengandung DNA dari virus yang berbeda, yang tidak dapat ditularkan ke atau di antara manusia, di ranjang rumah sakit di ruang isolasi di Great Ormond Street.

Sepuluh jam kemudian, ditemukan dalam sampel di 41% bangsal rumah sakit, termasuk di tempat tidur, pegangan pintu, mainan anak-anak, dan buku-buku. Setelah tiga hari kemudian naik lagi menjadi 59%. Virus itu masih terdeteksi pada 41% sampel lima hari setelah tes dimulai.

Tim mengatakan COVID-19, yang terutama menyebar melalui cairan yang dipancarkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, kemungkinan akan menyebar lebih cepat daripada virus DNA dalam penelitian ini, mengingat bahwa pembawa lebih cenderung untuk bergerak sendiri.

Lena Ciric, salah satu anggota seniornya, mengatakan penelitian ini menyoroti peran penting yang dimainkan permukaan dalam transmisi virus dan seberapa penting untuk mematuhi kebersihan dan pembersihan tangan yang baik.

Pimpinan Pelayanan Kesehatan Great Ormond Street Trust Elaine Cloutman-Green mengatakan, "Seperti SARS-CoV-2, pengganti yang kami gunakan dapat dihilangkan dengan lap desinfektan atau dengan mencuci tangan dengan sabun dan air."

Penelitian yang diterbitkan dalam New England Medical Journal sebelumnya menyarankan bahwa COVID-19 tetap dapat dideteksi pada plastik dan stainless steel hingga 72 jam. (Arab Inggris)

TAGS : Virus Corona Ilmuwan Inggris Bangsal Rumah Sakit




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :