Sabtu, 20/04/2024 10:30 WIB

Semua Negara Disebut Tidak Siap Hadapi Pandemi Berikutnya

Jaringan kemanusiaan terbesar di dunia mengatakan membangun kepercayaan, kesetaraan, dan jaringan aksi lokal sangat penting untuk bersiap menghadapi krisis berikutnya.

Seorang perawat menyiapkan suntikan vaksin penyakit coronavirus (COVID-19) Pfizer-BioNTech di pusat vaksinasi di Forum Humboldt di Berlin, Jerman 19 Januari 2022. (Foto file: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) mengatakan, semua negara sangat tidak siap menghadapi pandemi berikutnya dan mengatakan krisis kesehatan di masa depan juga dapat bertabrakan dengan bencana terkait iklim yang semakin mungkin terjadi.

"Terlepas dari tiga tahun pandemi COVID-19, sistem kesiapsiagaan yang kuat sangat kurang," kata IFRC.

Jaringan kemanusiaan terbesar di dunia mengatakan membangun kepercayaan, kesetaraan, dan jaringan aksi lokal sangat penting untuk bersiap menghadapi krisis berikutnya.

"Semua negara tetap tidak siap menghadapi wabah di masa depan," kata IFRC, menyimpulkan bahwa pemerintah sekarang tidak lebih siap daripada tahun 2019.

Dikatakan negara-negara perlu bersiap untuk "banyak bahaya, bukan hanya satu", dengan mengatakan masyarakat hanya menjadi benar-benar tangguh melalui perencanaan untuk berbagai jenis bencana, karena dapat terjadi secara bersamaan.

Dikatakan peristiwa cuaca ekstrem semakin sering dan intens, dan kemampuan kita untuk menanggapinya terbatas.

IFRC mengeluarkan dua laporan yang membuat rekomendasi untuk mengurangi tragedi masa depan dalam skala COVID-19, pada peringatan ketiga Organisasi Kesehatan Dunia yang menyatakan virus tersebut sebagai darurat kesehatan masyarakat internasional.

"Pandemi COVID-19 harus menjadi seruan bagi komunitas global untuk bersiap menghadapi krisis kesehatan berikutnya," kata Sekretaris Jenderal IFRC, Jagan Chapagain.

"Pandemi berikutnya mungkin sudah dekat; jika pengalaman COVID-19 tidak mempercepat langkah kita menuju kesiapsiagaan, apa yang akan terjadi?"

Laporan itu mengatakan bahaya besar merugikan mereka yang sudah paling rentan, dan membiarkan yang termiskin terpapar adalah "merugikan diri sendiri", karena penyakit dapat kembali dalam bentuk yang lebih berbahaya.

Selanjutanya, IFRC mengatakan jika orang mempercayai pesan keselamatan, mereka akan bersedia mematuhi langkah-langkah kesehatan masyarakat dan menerima vaksinasi.

Tetapi organisasi tersebut mengatakan para penanggap krisis "tidak dapat menunggu sampai waktu berikutnya untuk membangun kepercayaan", mendesak penanaman yang konsisten dari waktu ke waktu.

IFRC mengatakan jika kepercayaan rapuh, kesehatan masyarakat menjadi politis dan individual - sesuatu yang mengganggu respons COVID-19.

Ia juga mengatakan pandemi virus corona telah berkembang dan memperburuk ketidaksetaraan, dengan sanitasi yang buruk, kepadatan penduduk, kurangnya akses ke layanan kesehatan dan sosial, dan kekurangan gizi menciptakan kondisi untuk berkembangnya penyakit.

"Dunia harus mengatasi kesehatan yang tidak merata dan kerentanan sosial-ekonomi jauh sebelum krisis berikutnya," rekomendasinya.

Organisasi itu juga mengatakan masyarakat lokal harus dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan penyelamatan jiwa, karena di situlah pandemi dimulai dan berakhir.

IFRC menyerukan pengembangan produk tanggap pandemi yang lebih murah, dan lebih mudah disimpan dan dikelola.

Pada tahun 2025, disebutkan negara-negara harus meningkatkan pembiayaan kesehatan domestik sebesar 1 persen dari produk domestik bruto, dan pembiayaan kesehatan global setidaknya sebesar US$15 miliar per tahun.

IFRC mengatakan jaringannya telah menjangkau lebih dari 1,1 miliar orang selama tiga tahun terakhir untuk membantu menjaga mereka tetap aman selama pandemi COVID-19.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Virus Corona IFRC Pandemi Perubahan Iklim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :