Minggu, 26/09/2021 00:55 WIB

Studi: Covid-19 Picu Pembekuan Pembuluh Darah dan Kerusakan Ginjal

Penelitian itu juga menyebutkan bahwa ada kemungkinan virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China, itu diperlakukan secara salah saat ini.

Ilustrasi virus corona (Foto: Lizabeth Menzies/AFP)

New York, Jurnas.com - Sebuah penelitian menemukan bahwa virus corona baru (Covid-19) tidak hanya menyebabkan penyakit pernapasan, namun juga pembekuan pembuluh darah, kerusakan ginjal, hingga serangan jantung.

Penelitian itu juga menyebutkan bahwa ada kemungkinan virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China, itu diperlakukan secara salah saat ini.

Sebagaimana diketahui, Covid-19 secara umum digambarkan sebagai penyakit pernapasan yang menyerang paru-paru, dan membunuh dengan cara yang mirip dengan pneumonia.

Tetapi ketika dokter menjadi lebih akrab dengan penyakit ini, banyak yang memperhatikan bahwa pasien Covid-19 mengalami kerusakan pada sejumlah organ vital yang mengkhawatirkan di seluruh tubuh termasuk jantung, otak dan ginjal.

Sekarang, dokter mengatakan bahwa semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa virus corona baru juga menginfeksi pembuluh darah yang akan menjelaskan berbagai gejala yang ditimbulkannya.

"Semua komplikasi terkait Covid-19 ini adalah misteri. Kami melihat pembekuan darah, kami melihat kerusakan ginjal, kami melihat peradangan jantung, kami melihat stroke, kami melihat ensefalitis (pembengkakan otak)," kata William Li dikutip dari Al-Arabiya pada Senin (8/6).

"Banyak sekali fenomena yang tampaknya tidak terhubung yang biasanya tidak Anda lihat dengan SARS atau H1N1 atau, terus terang, penyakit yang paling menular," tambah Dr. Li, yang adalah presiden Angiogenesis Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang mempelajari cara memerangi penyakit. melalui proses pengembangan pembuluh darah baru.

Dr. Mandeep Mehra, direktur medis dari Pusat Jantung dan Vaskular Rumah Sakit dan Kesehatan Brigham and Women, mengatakan kepada Medium bahwa gejala-gejala ini menunjukkan bahwa virus itu mungkin adalah "virus vasculotropic, yang berarti bahwa itu mempengaruhi (pembuluh darah)."

"Konsep yang muncul adalah bahwa ini bukan penyakit pernapasan saja, ini adalah penyakit pernapasan untuk memulai, tetapi sebenarnya adalah penyakit pembuluh darah yang membunuh orang melalui keterlibatan pembuluh darahnya," tandas dia.

TAGS : Penelitian Covid-19 Pembekuan Pembuluh Darah Kerusakan Ginjal




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :