Selasa, 09/08/2022 01:45 WIB

KBRI Bangkok Fasilitasi Penerbangan Repatriasi Mandiri WNI ke Indonesia

Palarangan akses masuk penerbangan komersial ke Thailand sedianya akan berakhir 30 April 2020, namun kini diperpanjang di tengah upaya negara itu memerangi COVID-19

Proses pemulangan warga negara Indonesia dari Thailand di tengah pandemi virus corona (COVID-19). (Foto: KBRI Bangkok)

Jakarta, Jurnas.com - KBRI Bangkok kembali bekerjasama dengan Garuda Indonesia dalam memfasilitasi kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI), khususnya yang terdampar di Thailand melalui penerbangan repatriasi mandiri gelombang ketiga dari bandara Suvarnabhumi Bangkok.

Penerbangan repatriasi mandiri ini menyikapi kebijakan Pemerintah Thailand yang memperpanjang pelarangan inbound commercial flights ke Thailand dari tanggal 1 Mei hingga 31 Mei 2020.

Palarangan akses masuk penerbangan komersial ke Thailand sedianya akan berakhir 30 April 2020, namun kini diperpanjang di tengah upaya negara itu memerangi COVID-19. Hanya penerbangan dengan izin khusus, termasuk misi repatriasi yang dapat masuk ke Thailand.

KBRI Bangkok meminta kepada Kementerian Luar Negeri Thailand dan otoritas Thailand untuk pemberian izin khusus kepada penerbangan repatriasi mandiri tersebut.

Gelombang ketiga penerbangan repatriasi mandiri ini diikuti oleh 170 WNI dari berbagai daerah di Thailand termasuk Thailand Selatan.

Dalam upaya mendorong WNI untuk memanfaatkan secara maksimal penerbangan ini di tengah ketidakpastian akses masuk ke Thailand, KBRI Bangkok secara aktif melakukan diseminasi informasi ketersediaan penerbangan ini melalui website, akun media sosial, dan hotline KBRI Bangkok.

Fasilitasi yang dilakukan oleh KBRI Bangkok dalam repatriasi mandiri WNI ini tidak lepas dari upaya perlindungani WNI di luar negeri dan juga sebagai bukti konkret dari prinsip Negara Hadir.

Dua mahasiswa exchange UGM di Prince Songkhla University (PSU), Novia Widyanti dan Nabila secara khusus menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada KBRI Bangkok atas terlaksananya repatriasi mandiri ini.

Kedunya mengaku terbantu sekali dengan adanya penerbangan khusus ini di tengah pelarangan penerbangan komersial oleh Pemerintah Thailand.

KBRI Bangkok tercatat telah melakukan dua kali penerbangan repatriasi mandiri untuk WNI selama bulan April yaitu pada tanggal 20 dan 23 April 2020.

Kedua penerbangan itu berjalan dengan lancar dan sukses serta diikuti oleh 224 WNI yang mayoritas juga merupakan mahasiswa dan wisatawan Indonesia dan gelombang ketiga dengan jumlah WNI yang cukup besar.

Duta Besar RI untuk Thailand, Ahmad Rusdi juga mengucapkan terima kasih kepada Direktur Utama Garuda Indonesia, Kementerian Luar Negeri Thailand dan otoritas bandara. Diharapkan setelah WNI kembali dan tiba di Indonesia tetap tinggal di rumah.

TAGS : Virus Corona KBRI Bangkok Warga Indonesia Warga Terdampar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :