Minggu, 13/06/2021 09:23 WIB

Virus Zika Sudah Melanda Malaysia

Nyamuk Aedes Aegypti, pembawa virus Zika./foto:twitter

Jakarta - Virus Zika, yang ditularkan lewat nyamuk Aedes Aegypti ini, diwartakan telah masuk ke Malaysia. Seorang ibu dengan anaknya yang usai berkunjung ke Singapura tiga hari sebelumnya. Ini adalah kasus pertama di negeri jiran tersebut.

Menteri Kesehatan Malaysia, Datuk Seri Dr. S. Subramaniam, mengatakan wanita yang berusia 58 tahun tersebut telah terjangkit virus Zika, selepas melakukan perjalanan dari Singapura.

“Wanita tersebut sedar dia mengalami gejala demam dan ruam selepas seminggu pulang ke Malaysia. Kemudian dia berjumpa doktor dan memaklumkan baharu sahaja pulang melawat anak perempuannya yang dijangkiti virus Zika di Singapura," ungkap Subramaniam dalam konferensi pers, seperti dikutip dari portal berita setempat, Kamis (1/9).

Selanjutnya, wanita tersebut dirujuk ke rumah sakit Sungai Buloh. Dari hasil pemeriksaan urine, dia positif terjangkit virus Zika, sedangkan suaminya, yang ikut menemani ke Singapura, tidak terjangkit virus tersebut.(Baca: Begini Dampak Virus Zika)

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan peringatan agar berhati-hati atau tidak mengunjungi Singapura, menyusul merebaknya penularan virus tersebut. Kemenkes juga telah memasang thermal scanner di pelabuhan dan airport tempat keluar masuk orang-orang, baik dari Singapura maupun ke Indonesia.(Baca: Virus Zika Serang Singapura, Apa Antisipasi Indonesia?)

Di Singapura sendiri, penularan virus berkembang cepat. Sebelumnya, diberitakan bahwa ada 41 orang yang positif terjangkit virus Zika. Pada 30/8, angka tersebut terus berkembang cepat menjadi 82 orang. Sehari kemudian, 31/8, tercatat Pemerintah Singapura mengumumkan 115 orang yang terpapar virus Zika, dari jumah tersebut, 30-an orang diantaranya berhasil dipulihkan.[]

TAGS : virus zika singapura antisipasi indonesia menteri kesehatan malaysia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :