Minggu, 13/06/2021 09:37 WIB

Begini Dampak Virus Zika

Ilustrasi terdampak virus Zika./foto:statnews

Jakarta - Gejala terinfeksi virus Zika ini terbilang sepele. Tidak menunjukkan gejala-gejala yang tampak berbahaya. Namun, virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti ini membawa dampak yang luar biasa membahayakan pada janin, membawa kecacatan janin dari ibu hamil yang terinfeksi virus Zika.

Gejala umum virus Zika ini ditandai dengan munculnya ruam-ruam, demam, rasa sakit pada sendi, yang tak jarang seseorang yang telah terinfeksi virus ini tidak menyadarinya. Gejala lebih mirip dengan demam kuning atau chikungunya. Virus yang telah melanda Brasil ini adalah yang pertama yang berkaitan dengan malformasi kongenital utama seperti microcephaly.

Microcephaly merupakan kelainan pada bayi, yaitu memiliki otak dan tengkorak abnormal yang ukurannya lebih kecil untuk seusianya, baik saat masih janin hingga kelahiran, dengan tingkat kerusakan otak dan efeknya.

"Yang ditakuti dari virus Zika ini adalah kemungkinan korelasinya, kalau ibu hamil anaknya terjadi mikrosefali. Barangkali ibu hamil untuk mempertimbangkan hal tersebut (untuk berkunjung ke Singapura)," ungkap Menteri Kesehatan, Nila F. Moeleoek, menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Rabu (31/8).(Baca: Virus Zika Serang Singapura, Apa Antisipasi Indonesia?)

Dari laman Foxnews diungkapkan bahwa virus Zika dapat memengaruhi kehamilan, dan menimbulkan risiko cacat bawaan pada anak. Bayi yang lahir dengan microcephaly akan memerlukan pemantauan dan perawatan seumur hidup. Tidak ada obat, dan anak-anak ini akan menderita keterlambatan perkembangan dan kognitif.

Pada orang dewasa, selain ibu hamil, virus ini menyebabkan gangguan sistem saraf yang menyebabkan peradangan akar saraf di tulang belakang, atau disebut juga Guillain-Barre (gangguan saraf yang menyebabkan kelemahan otot yang dimulai pada kaki yang kemudian menyebar ke lengan dan wajah).

Kasus yang terjadi di Singapura mengingatkan kepada Indonesia, betapa dekatnya virus tersebut dengan jangkauan. Kasus yang sama di Brasil memberikan gambaran bahwa diperlukan kewaspadaan yang serius untuk mengantisipasinya.[]

TAGS : virus zika singapura antisipasi indonesia menteri kesehatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :