Sabtu, 27/04/2024 09:16 WIB

IDI Minta Kesehatan Warga Isolasi Mandiri Terus Dipantau

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M. Faqih. Foto: Dok. BNPB

JAKARTA,Jurnas.com - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) meminta adar para tenaga medis dan okter terus memantau kesehatan masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Saudara-saudara yang diminta untuk isolasi di rumah tidak perlu khawatir karena petugas kesehatan, pemerintah, tetap bersama kawan-kawan, tidak ditinggal sendirian. Tetap diawasi, tetap diobservasi sehingga yang diperlukan kawan-kawan yang isolasi di rumah tetap bisa berhubungan dengan petugas kesehatan," ujar Ketua Umum PB IDI Daeng M. Faqih di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Daeng pun meminta agar masyarakat yang mengisolasi diri di rumah untuk tidak segan-segan menggunakan layanan telemedis tersebut baik itu konsultasi kesehatan, ataupun untuk menerima saran dan pesan dari tenaga kesehatan tentang apa yang harus dilkaukan selama berada di rumah.

"Silakan dimanfaatkan, jangan khawatir kami dari IDI dan yang lain siap melayani kawan-kawan sekalian yang memerlukan konsultasi, memerlukan petunjuk-petunjuk bagaimana cara yang baik menjaga kesehatan, bagaimana cara mencari pertolongan untuk periksa lanjutan, melihat perkembangan perjalanan penyakit apakah perlu perawatan di rumah sakatu atau tidak," ungkap Daeng.

Selain itu, seluruh warga yang sedang menjalani isolasi mandiri juga diminta untuk tetap di rumah dan bersabar serta tetap patuh menjalani masa karantina.

"Mohon kesabarannya untuk mematuhi apa yang sudah dimintakan oleh pemerintah dan petugas keseahatn untuk secara tertib diam di rumah, tetap jaga kebersihan, jaga kesehatan, jaga stamina yang baik," pinta Daeng.

Untuk diketahui, berdasarkan data terkini kasus Covid-19 di Indonesia per tanggal 16 April 2020 terdapat penambahan yang cukup signifikan dimana jumlah kasus positif terkonfirmasi sebanyak 5.516 kasus, 548 orang sembuh, 496 jiwa meninggal, 11.873 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 169.446 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

KEYWORD :

PB IDI isolasi mandiri tim medis corona covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :