Sabtu, 25/09/2021 22:42 WIB

Tangani Corona, PPNI Minta Perawat Tetap Jaga Keselamatan

Perawat harus selalu menjaga kebersihan, kesehatan dan stamina dalam menjalankan tugas/praktik, termasuk menghindari stres atau tekanan psikologis

Foto ilustrasi pasien corona

Jakarta, Jurnas.com - Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) melalui ketua umumnya, Harif Fadhillah, menyerukan seluruh perawat untuk tetap bekerja secara profesional, sesuai standar profesi, kode etik keperawatan dan sumpah profesi di tengah banyaknya perawat yang terinfeksi virus corona (Covid-19) dan gugur dalam menjalankan tugas kemanusiaannya

"Perawat harus selalu menjaga kebersihan, kesehatan dan stamina dalam menjalankan tugas/praktik, termasuk menghindari stres atau tekanan psikologis," kata Harif Fadhillah.

Selain itu, meminimalkan kontak langsung dengan pasien, kecuali untuk melaksanakan tindakan yang sangat diperlukan dalam perawatan atau kondisi gawat darurat.

"Prioritaskan penggunaan teknologi jika tersedia," terang Harif dalam keterangannya, Sabtu (11/04).

Setiap melayani pasien/klien, jelasnya, perawat harus selalu menggunakan alat pelengkap diri (APD) sesuai dengan standar operational prosedure (SOP) atau pedoman pemakaian APD dalam penanganan COVID-19.

"Perawat adalah benteng terakhir dalam penanganan wabah Covid-19, dan kelangsungan bangsa ini sangat tergantung juga dengan perawat. Maka kuatkan pertahanan kita dalam bersatu melawan COVID-19," tegas Harif.

Berikut himbauan bagi perawat dan relawan perawat yang khusus menangani pasien COVID-19, diantaranya adalah:

a. Pastikan kondisi badan sehat dalam melayani pasien/klien.

b. Selalu update informasi dan pengetahuan tentang penanganan pasien covid dan pencegahan penularan covid-19, membaca SOP di unit kerja sebelum melakukan pelayanan.

c. Disiplin dalam menggunakan APD sesuai Pedoman pemakaian APD dalam dalam penanganan covid-19.

d. Selalu berpikir positif dalam setiap kondisi.

TAGS : Virus Corona DPP PPNI




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :