Kamis, 29/02/2024 21:17 WIB

FDA Temukan Alat Pendeteksi Covid-19 Dalam Hitungan Menit

Food and Drug Administration (FDA) telah menemukan alat untuk mengetes COVID-19 yang dapat menghasilkan hasil dalam waktu kurang dari 15 menit.

Seorang ahli medis melakukan tes Covid-19 kepada masyarakat

Jakarta, Jurnas.com - Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat telah menemukan alat untuk mengetes COVID-19 yang dapat menghasilkan hasil dalam waktu kurang dari 15 menit.

Abbott Laboratories mengatakan tes dapat menghasilkan hasil tes positif dalam 5 menit dan hasil negatif dalam 13 menit. Tes ini dilakukan pada platform ID-7 7-pound pabrikan.

"Karena ukurannya yang kecil, ini dapat digunakan di lebih banyak tempat non-tradisional di mana orang dapat memperoleh hasilnya dalam hitungan menit, membawa teknologi pengujian alternatif untuk memerangi virus corona baru," kata Abbott dilansir UPI, Minggu (29/03).

Perusahaan itu mengatakan platform itu juga dapat digunakan untuk menguji flu, strep, dan virus gangguan pernapasan.

"Melalui kerja tim yang luar biasa di Abbott, kami berharap dapat memberikan 50.000 tes COVID-19 per hari kepada para profesional kesehatan di lini depan, di mana kemampuan pengujian sangat dibutuhkan," kata Chris Scoggins, wakil presiden senior, Rapid Diagnostics.

"Pengujian molekuler portabel memperluas kapasitas negara untuk mendapatkan jawaban orang lebih cepat,” tambahnya.

Pengujian coronavirus saat ini membutuhkan waktu antara 45 menit hingga beberapa hari untuk mengembalikan hasil.

Sebagian besar pengujian saat ini dilakukan di pusat pengujian drive-through di seluruh negeri dalam upaya untuk mencegah pasien COVID-19 yang potensial dari penyebaran virus di departemen darurat rumah sakit.

TAGS : Alat Deteksi Virus Corona Lembaga FDA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :