Jum'at, 24/09/2021 20:04 WIB

PM Jepang Serukan Kerja Sama Negara Perangi Virus Corona

Abe menekankan, negaranya akan mengadakan Olimpiade, yang dijadwalkan akan diadakan pada Juli dan Agustus, dan menjadi tuan rumah kunjungan Presiden China, Xi Jinping sesuai jadwal.

Shinzo Abe kembali terpilih jadi Perdana Menteri Jepang (Foto: Omohiro Ohsumi/Getty)

Tokyo, Jurnas.com - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe serukankerja sama mengekang wabah virus corona dalam minggu-minggu mendatang ketika negara itu bersiap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo sesuai rencana.

"Sejujurnya, kita tidak bisa memenangkan pertempuran ini melalui upaya pemerintah sendiri," kata Abe pada konferensi pers pada Sabtu (28/2), dua hari setelah memerintahkan penutupan semua sekolah secara nasional selama lebih dari sebulan.

Keputusan tak terduga itu menuai kecaman dari para guru dan orang tua murid. 

Abe mengakui beban yang akan ditanggung orang tua karena penutupan sekolah selama sebulan. Ia memastikan, pemerintah akan menyiapkan dana untuk mensubsidi para pekerja yang harus mengambil cuti kerja untuk merawat anak-anak mereka.

"Saya sudah memutuskan kita harus melakukan semua upaya dalam satu atau dua minggu ke depan untuk mencegah penyebaran" virus, Abe mengatakan, sambil menyatakan keyakinan bahwa ini mungkin terjadi.

Ia menekankan, negaranya akan mengadakan Olimpiade, yang dijadwalkan akan diadakan pada Juli dan Agustus, dan menjadi tuan rumah kunjungan Presiden China, Xi Jinping sesuai jadwal.

Abe mengatakan tidak akan meluangkan upaya untuk memperluas pembatasan imigrasi jika diperlukan.

Virus corona atau COVID-19 pertama kali muncul di China akhir tahun lalu, Virus tersebut sudah sampai di benua Afrika kecuali Antartika, memicu kekhawatiran pandemi global. Banyak pemerintah dan bisnis untuk mencoba mencegah orang bepergian atau berkumpul di tempat-tempat ramai. .

Sejak Desember 2019, lebih dari 85.670 orang telah terinfeksi di seluruh dunia, dengan lebih dari 2.930 kematian kebanyakan dilaporkan di Tiongkok.

Jepang melaporkan 940 orang yang sudah terinfeksi, 750 di antaranya dilaporkan dari kapal pelayaran Diamond Princess Cruise yang terdaftar di Inggris, yang dikarantina di dekat Tokyo awal bulan ini, angka yang ditunjukkan oleh penyiar publik NHK menunjukkan. (Press TV)

TAGS : Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Virus Corona Olimpiade Musim Panas 2020




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :