Sabtu, 20/04/2024 21:27 WIB

Cerutu Terpanjang Untuk Castro

Sang revolusioner muncul di sebuah acara gala di Teater Karl Marx Havana bersama saudaranya, Presiden Raul Castro, dan sekutu Kuba, Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Kuba - Ulang tahun mantan pemimpin Kuba, Fidel Castro yang ke 90, dirayakan dengan cara yang langka diselenggarakan negara itu. Ulang tahun Castro ditandai  dengan peluncuran cerutu sepanjang 90 meter dengan diameter normal, hasil karya ahli tembakau legendaris, Jose Castelar.

Sang revolusioner muncul di sebuah acara gala di Teater Karl Marx Havana bersama saudaranya, Presiden Raul Castro, dan sekutu Kuba, Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Dalam penampilan umum pertama sejak bulan April, ia tampak lemah dan selalu duduk di kursinya sepanjang acara. Acara gala ulang tahun Castro di Havana difokuskan pada saat-saat penting dari kehidupan Fidel, termasuk upaya invasi dukungan CIA yang gagal di Teluk Babi tahun 1961.

Selama 10 hari, Castelar dan sejumlah asistennya bekerja 12 jam setiap harinya untuk menyelesaikan cerutu itu. Sebuah pesta jalanan yang besar juga digelar di ibukota, Jumat, dan kembang api dinyalakan ketika jarum jam menandai tengah malam.

Belum lama ini Fidel Castro, yang mundur dari kekuasaan pada tahun 2008, menyerang Presiden AS Barack Obama dalam sebuah kolom surat kabar. Dia mengecam Obama yang disebutnya tidak meminta maaf kepada rakyat Hiroshima untuk bom nuklir yang dijatuhkan di sana oleh AS dalam Perang Dunia II. Obama mengunjungi kota di Jepang itu pada bulan Mei. "Dia tidak mempunyai kata-kata untuk meminta maaf atas pembunuhan ratusan ribu orang," tulis Castro. (bbc)

 

 

KEYWORD :

Fidel Castro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :