Rabu, 24/04/2024 21:15 WIB

HWR Sebut Kuba Secara wewenang-wenang Lecehkan dan Tangkap Pengunjuk Rasa

HRW mengatakan telah mendokumentasikan setidaknya 130 kasus di mana pasukan keamanan melanggar proses hukum, pemukulan, pelecehan seksual atau dipaksa masuk ke sel isolasi warga yang berpartisipasi dalam demonstrasi yang damai.

Orang-orang meneriakkan slogan-slogan menentang pemerintah selama protes menentang dan mendukung pemerintah, di tengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Havana, Kuba, pada 11 Juli 2021. (Foto: REUTERS/Alexandre Meneghini)

MIAMI, Jurnas.com - Human Rights Watch (HRW) mengatakan, pemerintah Kuba telah secara sewenang-wenang menangkap, memukuli, dan melecehkan pengunjuk rasa menyusul demonstrasi yang belum pernah terjadi sebelumnya awal tahun ini.

Ribuan orang Kuba berbaris pada 11 Juli dalam protes terbesar mengguncang negara yang dikelola komunis sejak revolusi 1959 Fidel Castro. Pasukan keamanan menutup rapat umum di tengah kesibukan penangkapan dan satu kematian. Jalan-jalan di negara kepulauan itu sebagian besar sudah sepi.

HRW mengatakan telah mendokumentasikan setidaknya 130 kasus di mana pasukan keamanan melanggar proses hukum, pemukulan, pelecehan seksual atau dipaksa masuk ke sel isolasi warga yang berpartisipasi dalam demonstrasi yang damai.

Kuba membantah laporan pelanggaran atau penyiksaan sistematis. Pemerintah menyalahkan protes atas campur tangan Amerika Serikat, yang selama beberapa dekade secara terbuka berusaha memaksakan reformasi di pulau tetangganya itu melalui sanksi dan pembiayaan untuk program demokrasi.

HWR mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan bukti pelanggaran hak oleh polisi dan militer Kuba dari wawancara telepon dengan para aktivis, korban, kerabat mereka, jurnalis, dan pengacara, serta dari berkas kasus, laporan pers, dan foto serta video.

"Ketika ribuan orang Kuba turun ke jalan pada bulan Juli, pemerintah Kuba menanggapi dengan strategi represi brutal yang dirancang untuk menanamkan rasa takut dan menekan perbedaan pendapat," kata peneliti HRW, Juan Pappier.

Lebih dari 1.000 orang ditangkap, menurut kelompok hak asasi Kuba Cubalex, dan sedikitnya 500 masih ditahan atau di bawah tahanan rumah.

Kuba menderita kekurangan makanan, bahan bakar dan obat-obatan selama beberapa tahun terakhir, serta pemadaman listrik yang meluas sejak Juni, masalah yang diperparah oleh pandemi dua tahun yang menutup industri pariwisata global yang penting untuk menjaga ekonomi Kuba tetap bertahan.

"Mereka turun ke jalan karena tidak ada ruginya," kata direktur Human Rights Watch Jose Miguel Vivanco kepada wartawan di Miami. "Yah, pemerintah menunjukkan kepada mereka secara langsung bahwa mereka memiliki banyak kerugian."

Tuduhan pelecehan datang hanya beberapa minggu menjelang pawai pembangkang lain yang dijadwalkan 15 November, seruan besar pertama untuk memprotes sejak 11 Juli.

Kuba telah menyatakan pawai - ditetapkan untuk hari yang sama dengan rencana negara kepulauan Karibia untuk membuka kembali pariwisata internasional - ilegal , menyiapkan pertarungan yang tidak tepat waktu dengan pengunjuk rasa.

Direktur HRW Vivanco mengatakan kemungkinan pemerintah akan jauh lebih siap kali ini. "Kita akan melihat apakah, untuk 15 November, Kuba ... akan diizinkan untuk menggunakan hak mereka yang dilindungi secara universal untuk protes damai, atau jika mereka akan dibekap oleh rasa takut."

KEYWORD :

Aksi Protes Kuba Komunis Fidel Castro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :