Selasa, 23/04/2024 13:22 WIB

Pelindo III Sosialisasi Sistem Pandu dan Tunda di Pelabuhan Tanjung Emas

Sosialisasi ini sekaligus menjadi wadah diskusi untuk menerima masukan dari para pengguna jasa.

Kapal pandu PT Pelindo III

Tanjung Emas, Jurnas.com -  Dalam rangka meningkatkan pelayanan pemanduan dan penundaan Kapal di perairan Pelabuhan Tanjung Emas, PT Pelindo III Regional Jawa Tengah mengadakan Sosialisasi Sistem Prosedur Pemanduan dan Penundaan Kapal di Pelabuhan Tanjung Emas, Kamis (30/1).

Kepala Operasi Pemanduan, PT Pelindo III Regional Jawa Tengah, Nuril Huda, memaparkan bahwa sosialisasi ini sekaligus menjadi wadah diskusi untuk menerima masukan dari para pengguna jasa dan memudahkan pemahaman tentang alur proses pelayanan, lebih khususnya pelayanan pandu dan tunda di perairan Pelabuhan Tanjung Emas.

"Pelindo III ke depan juga mengembangkan sistem dimana nantinya pembicaraan selama pelayanan pandu baik dari pandu ke tunda maupun dari pandu ke kapal akan terekam. Baik itu melalui channel 12 maupun 14. Dengan demikian pelayanan pandu akan lebih akuntabel,” kata Nuril.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, KSOP Tanjung Emas, Alit Sudarsono dalam sambutannya mengungkapkan, sosialisasi ini perlu untuk kepentingan keselamatan, keamanan berlayar, perlindungan lingkungan maritim, serta kelancaran berlalu lintas di perairan, pelabuhan serta terminal khusus.

“PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas sebagai pengelola pemanduan menyediakan pelayanan jasa pemanduan dan penundaan kapal sesuai dengan ijin usaha yang dimiliki berdasarkan pelimpahan wewenang pelayanan pemanduan dari KSOP Tanjung Emas," kata Alit.

Pasca sosialisasi ini, KSOP Tanjung Emas dan Pelindo III Regional Jawa Tengah akan berkorespondensi dengan para pemilik Terminal Untuk Kepentingan Khusus (TUKS) terkait profil terminal dan juga dengan pengguna jasa terkait kriteria terminal yang dibutuhkan. Dimana dari data tersebut akan memudahkan perencanaan alokasi pandu dan armada kapal pandu/tunda yang diharapkan pelayanan akan jasa pemanduan akan lebih optimal.

PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas sebagai pengelola pemanduan menyediakan pelayanan jasa pemanduan dan penundaan kapal saat ini memiliki fasilitas 4 Kapal Tunda, 2 Motor Pandu, 8 Pandu, dan 3 Pengawas Pemanduan. Sementara wilayah pemanduan meliputi 8 Dermaga Umum dan 3 TUKS.

KEYWORD :

Pandu Pelindo III KSOP Semarang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :