Minggu, 03/03/2024 20:09 WIB

Ini Fakta Baru Virus Corona China

Peringatan ini disampaikan China seiring negara-negara di dunia mengambil langkah-langkah skrining para traveler untuk mencegah pandemi global.

Virus Corona (Foto: CNN)

Beijing, Jurnas.com - Pemerintah China memperingatkan bahwa virus corona baru yang sudah menginfeksi ratusan orang di seluruh wilayah di Negeri Tirai Bambu itu dapat beradaptasi dan bermutasi.

Peringatan ini disampaikan China seiring negara-negara di dunia mengambil langkah-langkah skrining (pemeriksaan, Red) para traveler untuk mencegah pandemi global.

Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional China, Li Bin mengatakan pada konferensi pers bahwa ada kemungkinan virus tersebut bermutasi dan beradaptasi. "Jelas virus ini beradaptasi dan bermutasi," katanya.

Virus yang sejauh ini sudah membunuh sembilan orang di China, berasal dari pusat kota Wuhan, dengan populasi 11 juta orang, akhir tahun lalu, dan sekarang sudah menginfeksi lebih dari 400 orang di 13 provinsi dan kota di China, termasuk di Beijing dan Shanghai.

Setelah dikonfirmasi bahwa virus tersebut dapat menyebar dari manusia ke manusia, pejabat di Wuhan meminta masyarakat untuk menghindari kota tersebut.

Walikota Wuhan, Zhou Xianwang mendesak warga setempat untuk tidak meninggalkan kota sehingga kemungkinan penularan dapat dikurangi. "Jika tidak perlu, kami sarankan warga agar tidak datang ke Wuhan," kata Zhou juga.

Sementara itu, Komisi Kesehatan Nasional mengumumkan langkah-langkah untuk menghentikan penyebaran virus, termasuk desinfeksi dan ventilasi di bandara dan stasiun bus serta di dalam pesawat dan kereta api.

Polisi juga melakukan pemeriksaan di tempat untuk unggas hidup atau hewan liar di kendaraan yang keluar dan memasuki Wuhan. Selain itu dilakukan juga pemeriksaan kesehatan di stasiun kereta dan bandara Wuhan.

Pemerintah sudah mengklasifikasikan wabah dalam kategori yang sama dengan epidemi SARS. Itu mengharuskan isolasi wajib bagi mereka yang didiagnosis menderita penyakit ini.

"Kami akan meningkatkan upaya penelitian untuk mengidentifikasi sumber dan penularan penyakit ini," Li, pejabat di Komisi Kesehatan Nasional, lebih lanjut mengatakan.

Sementara itu, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok, Gao Fu mengatakan sudah tahu bahwa penyakit itu berasal dari pasar yang melakukan transaksi ilegal hewan liar.

"Ini mungkin penyebabnya, jadi penyakitnya bisa pada hewan, dan kemudian diturunkan dari hewan ini ke manusia," tambahnya.

KEYWORD :

Virus Corona Virus China Coronavirus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :