Sabtu, 20/04/2024 04:17 WIB

Duh, AS Ciduk Lebih dari 60 Warga Iran di Perbatasan Kanada

CAIR mengatakan, pihak cukai dan Kontrol Perbatasan AS (CBP) ditahan lama dan menanyai warga Iran yang kembali ke AS setelah menghadiri konser di kota Vancouver Kanada pada Sabtu (4/1).

Lalu lintas memasuki Amerika Serikat dari Kanada di Peace Arch Border Crossing di Blaine, Washington, pada bulan Oktober. (Foto: AP)

Washington, Jurnas.com - Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) mengatakan, aparat Amerika Serikat (AS) menahan lebih dari 60 warga Iran di perbatasan antara negara bagian Washington dan Kanada di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS.

CAIR mengatakan, pihak cukai dan Kontrol Perbatasan AS (CBP) ditahan lama dan menanyai warga Iran yang kembali ke AS setelah menghadiri konser di kota Vancouver Kanada pada Sabtu (4/1).

Warga Iran lainnya, yang sudah tinggal di AS selama bertahun-tahun, ditolak masuk ke AS.

"Banyak lagi yang berbalik di perbatasan dan menolak mereka memasuki AS karena kurangnya kapasitas untuk Bea Cukai dan Patroli Perbatasan untuk menahan mereka," kata CAIR di Washington dalam siaran persnya.

Dalam sebuah unggahan di media sosial Twitter, anggota Kongres Washington, Pramila Jayapal mengatakan sangat terganggu laporan penahanan insiden tersebut.

"Ini adalah DEAL BESAR. Warga Iran yang telah lahir dan besar di AS benar-benar DITETAPKAN selama 11+ jam tanpa alasan dan diinterogasi dengan pertanyaan yang mengganggu dan tidak pantas tentang pendapat politik, kursus apa yang mereka atau orang tua mereka pelajari di perguruan tinggi," kicau Katebi.

CAIR mencatat bahwa Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) sudah mengeluarkan perintah nasional kepada CBP untuk melaporkan dan menahan warga berdarah Iran yang memasuki AS karena mencurigakan, terlepas dari status kewarganegaraan mereka.

CBP membantah menahan individu karena negara asal mereka.

"Unggahan di media sosial yang mengatakan, CBP menahan warga berdarah Iran-Amerika dan menolak masuk ke AS karena negara asal itu salah. Laporan bahwa DHS/CBP mengeluarkan arahan terkait itu juga hoaks," kata juru bicara CBP, Michael Friel kepada Middle East Eye.

Direktur eksekutif CAIR Washington, Masih Fouladi mengatakan, laporan penahanan itu sangat meresahkan dan berpotensi menjadi penahanan ilegal terhadap warga AS.

Direktur komunikasi di National Iranian American Council (NIAC), Mana Mostatabi, mengatakan kepada portal berita Middle East Eye bahwa sekitar 150 orang ditahan. Beberapa ditahan selama 11-16 jam.

Mengutip penelitian awal yang dilakukan NIAC, Mostatabi mengatakan mereka yang ditahan ditanya tentang kerabat mereka, pekerjaan, ulang tahun, terakhir kali mereka mengunjungi Iran dan pendapat mereka tentang ketegangan saat ini.

"Denominator yang umum adalah warisan Iran, yang seharusnya meningkatkan kekhawatiran segera atas tindakan diskriminatif dan ilegal yang menargetkan atas dasar asal kebangsaan," kata Mostatabi.

Mostatabi menambahkan bahwa ada tambahan laporan penahanan yang belum dikonfirmasi di Bandara San Francisco dan Bandara Internasional Los Angeles.

Penahanan itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran, terutama setelah Washington membunuh seorang komandan penting Iran dalam serangan udara di ibukota Irak, Baghdad, Jumat pekan lalu.

Serangan itu menargetkan Jenderal Qassem Soleimani, komandan Pasukan Quds Iran, dan Abu Mahdi al-Muhandis, komandan kedua dari Mobilisasi Populer Irak (PMU), serta delapan sahabat dari pasangan itu.

KEYWORD :

Qassem Soleimani Agresi Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :