Sabtu, 20/04/2024 04:55 WIB

Panggil Utusan Swiss, Iran Kutuk Terorisme Negara AS

IRGC mengumumkan pada Jumat (3/1) pagi bahwa Mayor Jenderal Soleimani dan komandan kedua Mobilisasi Populer Irak (PMU), Abu Mahdi al-Muhandis tewas dalam serangan helikopter AS.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Seyyed Abbas Mousavi (Foto: Presstv)

Teheran, Jurnas.com - Iran memanggil Duta Besar Swiss, yang negaranya mewakili kepentingan Amerika Serikat (AS) di Iran. Ia dipanggil setelah Washington membunuh Komandan Pasukan Quds dari Pasukan Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC), Mayor Jenderal Qassem Soleimani.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi mengatakan pada Jumat (3/1) bahwa utusan Swiss diberitahu tentang "protes keras" Teheran.

"Dia diberitahu bahwa langkah Washington adalah contoh nyata terorisme negara dan rezim AS bertanggung jawab atas semua konsekuensinya," katanya.

IRGC mengumumkan pada Jumat (3/1) pagi bahwa Jenderal Soleimani dan komandan kedua Mobilisasi Populer Irak (PMU), Abu Mahdi al-Muhandis tewas dalam serangan helikopter AS. Kelompok pro-pemerintah Irak juga mengkonfirmasi insiden itu.

"Wakil kepala Hashed, Abu Mahdi al-Muhandis, dan kepala Pasukan Quds, Qasem Soleimani, tewas dalam serangan AS yang menargetkan mobil mereka di jalan Bandara Internasional Baghdad," kata juru bicara PMU, Ahmed al-Assadi.

"Musuh Amerika dan Israel bertanggung jawab atas pembunuhan mujahidin Abu Mahdi al-Muhandis dan Qassem Soleimani," sambungnya.

KEYWORD :

Terorisme Amerika Serikat Abbas Mousavi Qassem Soleimani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :