Kamis, 07/07/2022 18:02 WIB

Iran Diskon Habis-habisan Minyak Mentah dan Kondensat

Harga awal untuk setiap barel kondensat pada USD6 lebih rendah daripada harga free-on-board (FOB) di Pasar DME di Dubai, di Uni Emirat Arab.

Bendera National Iranian Oil Company (NIOC) (Foto: PressTV)

Teheran, Jurnas.com - National Iranian Oil Company (NIOC) menawarkan potongan harga yang signifikan untuk rencana penjualan minyak mentah dan kondensat di bursa energi lokal.

Pemotongan harga minyak besar-besar itu merupakan salah pemerintah Iran memotong sanksi Amerika Serikat (AS) yang dikenakan pada ekspor minyak langsung.

Agen NIOC, Amir Hossein Tebyanian mengatakan, perusahaan akan mulai menawarkan potongan harga dan kondisi menguntungkan lainnya bagi yang membeli kondensat minyak dan gas, jenis minyak yang sangat ringan, di Iran Energy Exchange (IRENEX).

Tebyanian mengatakan diskon baru, yang akan mulai berlaku dalam perdagangan mendatang di IRENEX dalam beberapa hari ke depan. Harga awal untuk setiap barel kondensat pada USD6 lebih rendah daripada harga free-on-board (FOB) di Pasar DME di Dubai, di Uni Emirat Arab.

Tebyanian juga mengatakan bahwa masalah harga untuk minyak mentah ringan dan minyak mentah NIOC dalam aksi jual mendatang akan menjadi USD7 dan USD8,5 lebih rendah dari patokan Brent untuk pengiriman FOB.

Agen itu mengatakan, NIOC berharap skema penetapan harga baru dan penawaran lainnya akan membantu perusahaan untuk menjual sekitar enam juta barel kondensat minyak dan gas di IRENEX setiap bulan.

Kondisi menguntungkan lainnya yang ditawarkan NIOC termasuk menghapus persyaratan kualifikasi untuk pembeli, menurunkan jumlah pembayaran di muka menjadi enam persen dari 10 persen dari nilai kargo, dan memperpanjang waktu penyelesaian pembayaran hingga 60 hari dari periode 50 hari saat ini .

NIOC sudah menjual total 1,015 juta barel minyak mentah ringan dan 70.000 barel minyak mentah berat dalam 30 putaran perdagangan di IRENEX sejak bergabung dengan mekanisme tersebut bulan lalu. Belum ada pesanan untuk kondensat yang disediakan oleh perusahaan di lingkaran ekspor pasar lokal.

IRENEX, yang dulunya merupakan pasar lokal biasa untuk komoditas energi, telah berubah menjadi alat yang berhasil untuk melewati sanksi Amerika yang dikenakan pada industri minyak Iran.

Kilang minyak utama Iran telah menjual kargo besar bensin dan gas minyak cair (LPG) kepada pelanggan asing sejak perdagangan untuk produk-produk tersebut dimulai di bursa lokal pada awal musim panas.

TAGS : Sanksi Amerika Serikat Diskon Minyak Minyak Iran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :