Kamis, 25/04/2024 19:52 WIB

AS Sanksi Perusahaan yang Terlibat Dalam Perdagangan Petrokimia dan Minyak Iran

AS sanksi perusahaan yang terlibat dalam perdagangan petrokimia dan minyak Iran.

Bendera Iran melambai di depan markas Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di Wina, Austria pada 23 Mei 2021. (Foto: Reuters/Leonhard Foeger)

JAKARTA, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) pada Kamis (29/9) menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan yang dituduh terlibat dalam perdagangan petrokimia dan minyak Iran, termasuk lima yang berbasis di China.

AS menargetkan perusahaan China atas ekspor petrokimia Iran karena prospek menghidupkan kembali pakta nuklir meredup. Pembicaraan tidak langsung mengenai kesepakatan itu, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA), gagal.

"Selama Iran menolak pengembalian bersama untuk implementasi penuh Rencana Aksi Komprehensif Bersama, As akan terus menegakkan sanksinya atas penjualan produk minyak dan petrokimia Iran," kata Wakil Menteri Keuangan untuk Terorisme dan Intelijen Keuangan AS, Brian Nelson dalam sebuah pernyataan.

Misi Iran untuk PBB di New York tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa Departemen Luar Negeri menunjuk dua perusahaan yang berbasis di China, Zhonggu Storage and Transportation Co Ltd dan WS Shipping Co Ltd.

Blinken menuduh Zhonggu Storage and Transportation Co Ltd mengoperasikan fasilitas penyimpanan minyak mentah komersial untuk minyak Iran dan WS Shipping Co Ltd sebagai manajer kapal untuk kapal yang mengangkut produk minyak Iran.

Reuters tidak dapat segera menghubungi kedua perusahaan untuk memberikan komentar.

Kementerian Keuangan AS juga menjatuhkan sanksi pada jaringan perusahaan yang terlibat dalam apa yang dikatakannya sebagai penjualan produk petrokimia dan minyak Iran senilai ratusan juta dolar ke Asia Selatan dan Timur.

"Sanksi itu menargetkan pialang dan perusahaan depan Iran di Uni Emirat Arab, Hong Kong dan India," kata Kementerian Keuangan AS.

Washington memperingatkan bahwa pihaknya akan terus mempercepat penegakan sanksi atas penjualan minyak dan petrokimia Iran selama Teheran terus mempercepat program nuklirnya.

Perjanjian nuklir 2015 membatasi aktivitas pengayaan uranium Iran untuk mempersulit Teheran mengembangkan senjata nuklir, dengan imbalan pencabutan sanksi internasional.

Tetapi Presiden AS saat itu Donald Trump membatalkan kesepakatan itu pada 2018, dengan mengatakan itu tidak cukup untuk mengekang kegiatan nuklir Iran, program rudal balistik dan pengaruh regional, dan menerapkan kembali sanksi yang telah melumpuhkan ekonomi Iran.

"Tindakan penegakan ini akan berlanjut secara teratur, dengan tujuan untuk sangat membatasi ekspor minyak dan petrokimia Iran," kata Blinken.

"Siapa pun yang terlibat dalam penjualan dan transaksi semacam itu harus segera dihentikan jika mereka ingin menghindari sanksi AS," sambungnya.

Sebagai bagian dari tindakan Kamis, Departemen Keuangan menargetkan beberapa perusahaan yang dituduh berurusan dengan Triliance Petrochemical Co Ltd yang berbasis di Hong Kong, yang sebelumnya telah diberi sanksi oleh Amerika Serikat.

Dikatakan perusahaan petrokimia yang berbasis di India Tibalaji Petrochem Private Limited membeli produk-produk yang ditengahi Triliance senilai jutaan dolar untuk pengiriman selanjutnya ke China.

Departemen Keuangan juga menuduh Clara Shipping LLC yang berbasis di UEA dibayar jutaan dolar oleh Triliance - melalui perusahaan depan - dalam biaya pengiriman untuk pengiriman produk petrokimia dan minyak bumi Iran ke Asia Timur.

Juga ditunjuk untuk berurusan dengan Triliance adalah Perusahaan Investasi Industri Kimia Iran yang berbasis di Iran dan Kimiya Pars Co Timur Tengah, Sierra Vista Trading Limited yang berbasis di Hong Kong, dan Virgo Marine yang berbasis di UEA.

Sophychem HK Limited dan ML Holding Group Limited yang berbasis di Hong Kong ditunjuk untuk berurusan dengan Perusahaan Komersial Industri Petrokimia Teluk Persia yang ditunjuk AS, termasuk pembelian petrokimia Iran untuk pengiriman ke China dan Singapura.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Petrokimia dan Minyak Iran Amerika Serikat China Pakta Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :