Jum'at, 26/04/2024 12:05 WIB

Lagu Photograph Ed Sheeran Digugat

Martin Harrington, penulis lagu dan produser  yang bernaung di bawah perusahaan Harrington bernama HaloSongs, mengajukan gugatan pelanggaran hak cipta.

Los Angeles - Dua musisi yang berbasis di California menggugat penyanyi Inggris,  Ed Sheeran sebesar 20 juta dolar AS atas lagu hit "Photograph" yang menurut klaim mereka,  punya struktur serupa dengan salah satu lagunya.

Martin Harrington, penulis lagu dan produser, serta Thomas Leonard, penulis lagu yang bernaung di bawah perusahaan Harrington bernama HaloSongs, mengajukan gugatan pelanggaran hak cipta tersebut di pengadilan federal Central District California.

Kedua musisi menuduh lagu balada "Photograph" karya Ed Sheeran yang dirilis sebagai single pada 2015,  punya komposisi musikal serupa dengan lagu mereka "Amazing" yang ditulis tahun 2009.

Gugatan itu juga ditujukan kepada Johnny McDaid dari Snow Patrol, yang ikut menulis "Photograph", serta unit Sony/ATV Music Publishing, Warner Music Group dan anak perusahaannya, Atlantic Recording Corporation. Perwakilan Sheeran, McDaid, Sony Music, Warner Music dan Atlantic tidak segera merespons permintaan mengenai gugatan itu.

Harrington dan Leonard membawa kasus itu ke pengadilan juri serta meminta ganti rugi 20 juta dolar AS atas pelanggaran, juga royalti lagu tersebut.

Dalam dokumen yang berisi perbandingan nada musik dan rincian chord dari kedua lagu tersebut, Harrington dan Leonard mengklaim chorus "Photograph" punya 29 nada identik dengan "Amazing", mereka mengatakan kesamaan itu "langsung bisa diketahui oleh pendengar biasa".

Dokumen itu menyatakan "Photograph" telah terjual lebih dari 3,5 juta kopi sedunia, dan baru-baru ini ditampilkan dalam film drama romantis "Me Before You" yang rilis pekan lalu, juga dalam trailer filmnya.

Gugatan terhadap Sheeran datang setelah tahun lalu keluarga mendiang penyanyi soul Marvin Gaye berhasil menggugat Robin Thicke dan Pharrell Williams atas pelanggaran hak cipta single "Blurred Lines" dan memenangkan ganti rugi 7,4 juta dolar AS. (Sundari/Ant)

KEYWORD :




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :