Jum'at, 23/02/2024 23:40 WIB

Klinik Baca Tingkatkan Literasi Masyarakat Soal Kanker

Bicara soal kanker tidak melulu mengenai penyembuhan. Jika mampu dicegah, penyakit dengan jumlah kematian nomor satu di dunia ini bisa ditekan angka kejadiannya.

Klinik Baca Peraboi-Kodim 0906/Tenggarong (Foto: Dok. YKPI)

Jakarta, Jurnas.com - Bicara soal kanker tidak melulu mengenai penyembuhan. Jika mampu dicegah, penyakit dengan jumlah kematian nomor satu di dunia ini bisa ditekan angka kejadiannya.

Salah satu upaya pencegahan ialah dengan meningkatkan literasi masyarakat mengenai kanker. Hal inilah yang dilakukan oleh Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi), dan Kodim 0906/Tenggarong, dengan membangun klinik baca.

Akhir pekan lalu, Ketua YKPI Linda Agum Gumelar meresmikan Klinik Baca Peraboi Kodim 0906/Tenggarong, dalam rangka HUT TNI ke-74 di Taman Ulin, Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dia mengatakan, kegiatan yang diinisiasi Kodim 0906/Tenggarong tersebut merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi deteksi dini kanker payudara dan ToT Periksa Payudara Sendiri (Sadari) yang dilakukan Peraboi dan YKPI.

"YKPI sudah sering berkolaborasi dengan perhimpunan dokter ahli bedah onkolosi se-Indonesia, Peraboi. Kedatangan kami di Kabupaten Kukar ini dalam rangka bulan peduli kanker payudara internasional. Kami tentunya menyambut baik inisiatif Kodim 0906. Karena dengan membuka klinik baca akan banyak masyarakat yang gemar membaca dan kami berharap akan semakin banyak masyarakat yang tahu informasi seputar kanker," kata Linda.

Sementara Dandim 0906/Tgr Letkol Inf. Charles Alling menyampaikan, untuk membuat satu paradigma baru dalam mendorong masyarakat membaca, maka dibutuhkan sebuah setting kreatif, yang dapat menjadi daya tarik tersendiri.

"Kalau kita masih menggunakan paradigma yang lama menempatkan klinik-klinik baca ataupun perpustakaan mini di tempat-tempat yang tersembunyi dan tidak terlihat, maka tidak bisa langsung dilihat oleh masyarakat kita," jelas Charles.

Di tempat sama Ketua Peraboi, dr. Walta Gautama SpB(K)Onk mengatakan dengan adanya klinik baca ini diharapkan akan menambah peningkatan kualitas sumber daya manusia, salah satunya ialah melalui metode suka membaca yang diperuntukkan bagi semua kalangan baik itu anak-anak, para remaja, maupun orang dewasa.

Tampak hadir pada acara peresmian Bupati Kutai Kartanegara Drs.Edi Damansyah MSi, Pjs Direktur RSU Aji Muhammad Parikesit dr. Martina. Sp. Op. Finamis, Mars, Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/ Mulawarman, Persit Kartika Candra Kirana Cabang XVlll, Bayangkari Polres Kukar dan komedian kondang Tukul Arwana. Mulai hari ini, masyarakat sudah dapat menikmati klinik baca tanpa dipungun biaya.

TAGS : Klinik Baca Peraboi YKPI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :