Selasa, 23/04/2024 16:24 WIB

Bali Keok, Jateng Juara GSI 2019

Dalam pertandingan final, yang berlangsung di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB) Kuningan, Jakarta, Jateng menundukkan Bali dengan skor tipis 1-0, lewat sebuah eksekusi penalti.

Jawa Tengah juara GSI 2019 (Foto: Jilan/BKLM Kemdikbud)

Jakarta, Jurnas.com - Provinsi Jawa Tengah berhasil keluar sebagai juara kompetisi sepak bola jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional 2019.

Dalam pertandingan final, yang berlangsung di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB) Kuningan, Jakarta, Jateng menundukkan Bali dengan skor tipis 1-0, lewat sebuah eksekusi penalti.

"Kepada para pemenang saya ucapkan selamat, khususnya kepada tim provinsi Jawa Tengah. Juga saya ucapkan selamat kepada tim provinsi Bali, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Barat yang berhasil masuk semi final dan final. Terima kasih kepada para pelatih, pembimbing, dan para sponsor kegiatan GSI 2019," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy pada akhir pekan lalu.

Mendikbud mengatakan, kompetisi GSI akan terus berlanjut dan mengalami peningkatan. Dia berharap, GSI kelak akan melahirkan pemain-pemain hebat, yang akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

"Saya berharap dari peserta GSI ini akan bisa dilacak, dideteksi talenta-talenta unggul di dunia persepakbolaan Indonesia. Dengan begitu kita harap dari 286 juta penduduk Indonesia, akan ada paling tidak 11 pemain Indonesia yang bisa berbicara di ajang persepakbolaan dunia," ujar Mendikbud.

Menurut Mendikbud, tim peserta kompetisi GSI tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Kompetisi tahun ini, menurut Mendikbud, digarap secara lebih serius, baik dari kesiapan panitia, pelatih, maupun peserta.

"Saya lihat mereka sudah bisa bermain tim dan juga mengatur taktik dan strategi di lapangan. Kalau soal kemampuan power-nya, ya memang karena mereka anak-anak SMP dan mungkin karena kompetisinya terlalu mepet, sehingga ada faktor-faktor non teknis seperti kelelahan dan seterusnya," jelas dia.

"Dan juga pertandingannya yang dilakukan siang hari, tentu saja sangat berpengaruh. Tetapi secara umum saya lihat mereka sangat bagus. Dibanding tahun lalu, permainan di lapangannya sudah sangat indah, enak ditonton, betul-betul sepak bola serius," imbuh Mendikbud.

Sebagai juara GSI tahun ini, Jateng berhak atas uang pembinaan dari Kemdikbud sebesar Rp150 juta. Sementara provinsi Bali yang keluar sebagai juara kedua mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp100 juta.

Selanjutnya Jawa Barat yang menempati juara ketiga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp50 juta, disusul oleh Nusa Tenggara Barat mendapatkan Rp25 juta di posisi keempat.

KEYWORD :

GSI 2019 Gala Siswa Indonesia Jawa Tengah Bali Kemdikbud




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :