Rabu, 17/04/2024 03:18 WIB

Wujud Nyata Jadikan Indonesia Kiblat Fashion Muslim Dunia

Potensi Indonesia menjadi kiblat fashion muslim dunia semakin dekat yang ditandai dengan makin banyak desainer lokal yang masuk di pentas global.

Mutfest 2019 sukses digelar, kini bersiap menghelat Muffest 2020 di Februari mendatang (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Data dari The State of Global Islamic Economy Report 2018/2019 menunjukkan Indonesia merupakan runner up negara yang mengembangkan fashion muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab.

Selain itu, konsumsi fashion muslim Indonesia juga meningkat senilai US$ 20 milyar dengan laju pertumbuhan 18,2 persen per tahunnya. Hal ini menunjukkan bahwa peluang pasar fashion muslim global maupun domestik sangat besar dan harus diisi oleh pelaku industri fashion muslim tanah air.

Desainer-desainer fashion muslim Tanah Air juga mulai menunjukkan potensinya di pentas global seperti di New YorkFashion Week, International LondonFashion Week, dan Melbourne FashionFestival.

Indonesian Fashion Chamber juga pada tahun lalu sukses menggelar perhelatan fashion show skala internasional bertajuk “La Mode” Sur La Seine á Paris yang diadakan di atas Kapal Boreas menyusuri sungai Seine di Paris dan di  tahun ini akan digelar kembali untuk kedua kalinya karena respon positif dari buyer internasional.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, pada pembukaan MUFFEST 2019 yang lalu juga mengungkapkan optimismenya bahwa Indonesia siap deklarasi menjadi salah satu pusatfashion muslim dunia pada 2020.

“Pemerintah juga siap mendukung dan mengawal Indonesia menjadi kiblatfashion muslim dunia pada 2020,” ungkapnya.

Melihat perkembangan dan potensifashion muslim Indonesia, IndonesianFashion Chamber dan Dyandra Promosindo kembali menyelenggarakan Muffest untuk kelima kalinya yang akan diselenggarakan pada tanggal 20-23 Februari 2020 di Jakarta Convention Center.

Muffest merupakan ajang fashion yang mempertemukan para pelaku industri busana muslim Tanah Air, baik yang sudah punya nama dan brandbesar, maupun dari pelaku usaha kecil dan menengah.

National Chairman Indonesian Fashion Chamber Ali Charisma mengatakan perhelatan ini sebagai upaya memperluas akses dan meningkatkan kompetensi produk fashion muslim Indonesia agar dapat menguasai pasar lokal sekaligus mampu bersaing di pasar global.

Diharapkan melalui Muffest dapat dijadikan sebagai langkah nyata untuk memajukan ekonomi dan potensi fashion muslim dari bawah agar target Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia dapat terwujud.

Apalagi perhelatan ini sudah mulai dilirik oleh buyers dari luar negeri, seperti dari Lebanon dan Mesir yang hadir saat Muffest 2019 lalu. Pada akhirnya dapat mewujudkan Indonesia sebagai pusat belanja, produksi, dan barometer tren fashion muslim global.

“Muffest diarahkan sebagai muara dari perkembangan terkini industri fashion muslim Indonesia, yang meliputi segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi, maupun tren," imbuh Ali.

KEYWORD :

Muffest 2020 Fashion Muslim Industri Fashion




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :