Kamis, 17/06/2021 16:04 WIB

UEA Tangguhkan Biaya Plastik Sekali Pakai

Pembeli di Dubai telah lama meminta supermarket di UEA untuk mengikuti jejak negara lain dan membebankan biaya untuk kantong plastik, atau melarang mereka langsung

Ilustrasi sampah plastik (foto:UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Jaringan supermarket di Dubai telah menghentikan percobaan biaya untuk kantong plastik sekali pakai. Pelanggan di Choithrams diberitahu pada awal Juli bahwa perusahaan memperkenalkan biaya sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi limbah plastik.

Pembeli tampaknya menyambut langkah ini, dengan banyak yang memuji inisiatif ini sebagai langkah yang mendorong ke arah praktik bisnis yang lebih ramah lingkungan.

Tetapi akhir bulan lalu perusahaan mengungkapkan telah menunda rencana tersebut tanpa batas waktu. Tidak ada penjelasan yang diberikan untuk perubahan, meskipun beberapa pelanggan dikatakan telah mengeluh tentang biaya tersebut.

"Keputusan untuk mengenakan biaya untuk kantong plastik telah ditunda pada saat ini," kata juru bicara Choithrams dilansir The National.

Pembeli di Dubai telah lama meminta supermarket di UEA untuk mengikuti jejak negara lain dan membebankan biaya untuk kantong plastik, atau melarang mereka langsung.

Di Selandia Baru, tas belanja plastik dilarang sepenuhnya, sementara di Inggris dan Irlandia pelanggan dikenakan biaya.

Tahun lalu, Waitrose adalah supermarket pertama di Emirates yang menjalankan uji coba 25 fils per kantong di lima toko Abu Dhabi-nya.

Carrefour juga mengumumkan akan memberi hadiah kepada para pembelinya dengan tas lipat gratis jika mereka berbelanja dengan tas mereka sendiri yang dapat digunakan kembali.

Berbicara kepada The National bulan lalu, Shaikha Al Hosani, seorang direktur eksekutif di Badan Lingkungan Abu Dhabi, mengatakan diskusi sedang berlangsung dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim mengenai biaya wajib untuk plastik sekali pakai di seluruh UEA.

Seorang juru bicara untuk Waitrose mengatakan uji coba biaya itu telah menyebabkan pengurangan penggunaan kantong plastik dan sekarang sedang mempertimbangkan meluncurkan inisiatif di semua cabang Abu Dhabi dan Dubai.

Choithrams yang memiliki lebih dari 20 toko di seluruh emirat mengumumkan rencananya untuk mulai mengisi daya untuk kantong plastiknya pada 3 Juli tahun ini bertepatan dengan Hari Bebas Kantong Plastik Internasional.

Perusahaan juga mengatakan harga tas yang dapat digunakan kembali akan berkurang dari Dh5 ke Dh3.

Biaya percobaan akan berjalan selama 10 hari tetapi kemudian diperpanjang - awalnya tanpa batas waktu - sebelum dibatalkan pada 25 Juli.

TAGS : Plastik Sekali Pakai Uni Emirat Arab




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :