Kamis, 09/05/2024 23:32 WIB

UEA Berencana Pertahankan Hubungan dengan Israel Meski Diprotes Gaza

UEA Berencana Pertahankan Hubungan dengan Israel Meski Diprotes Gaza

Bendera nasional Israel berkibar di dekat menara perkantoran di kawasan bisnis Ofer Park di Petah Tikva, Israel, 27 Agustus 2020. Foto: Reuters

ABU DHABI - Uni Emirat Arab berencana untuk mempertahankan hubungan diplomatik dengan Israel meskipun ada kecaman internasional atas meningkatnya jumlah korban perang di Gaza dan berharap memiliki pengaruh yang moderat terhadap kampanye Israel sambil menjaga kepentingannya sendiri, menurut kepada empat sumber yang mengetahui kebijakan pemerintah UEA.

Abu Dhabi menjadi negara Arab paling terkemuka yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dalam 30 tahun di bawah Abraham Accords yang ditengahi AS pada tahun 2020. Hal ini membuka jalan bagi negara-negara Arab lainnya untuk menjalin hubungan mereka sendiri dengan Israel dengan melanggar tabu dalam menormalisasi hubungan tanpa Israel dalam pembentukan negara Palestina.

Meningkatnya jumlah korban tewas akibat invasi Israel ke Jalur Gaza – yang dilancarkan sebagai pembalasan atas serangan lintas batas pada 7 Oktober oleh kelompok militan Hamas yang menguasai wilayah tersebut – telah memicu kemarahan di ibu kota Arab.

Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan bulan lalu berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Para pejabat UEA secara terbuka mengutuk tindakan Israel dan berulang kali menyerukan diakhirinya kekerasan.

Menanggapi permintaan komentar atas cerita ini, seorang pejabat Emirat mengatakan prioritas utama UEA adalah mengamankan gencatan senjata dan membuka koridor kemanusiaan.

Negara Teluk Arab, yang didukung oleh kekayaan minyaknya, mempunyai pengaruh signifikan dalam urusan regional. Negara ini juga berfungsi sebagai mitra keamanan Amerika Serikat, yang menampung pasukan Amerika.

Selain berbicara dengan Israel, UEA telah berupaya untuk memoderasi posisi publik yang diambil oleh negara-negara Arab sehingga setelah perang berakhir ada kemungkinan untuk kembali melakukan dialog yang luas, kata empat sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena alasan tersebut. sensitivitas masalah tersebut.

Sheikh Mohamed bertemu di Abu Dhabi pada hari Kamis dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani untuk membahas seruan segera gencatan senjata kemanusiaan, di tengah pembicaraan yang ditengahi Qatar untuk pembebasan sejumlah sandera sebagai imbalan atas pecahnya pertempuran.

“UEA dan Qatar bersikukuh mendesak perlunya memajukan upaya deeskalasi dan menjamin perdamaian yang adil, abadi, dan komprehensif di kawasan,” kata Sheikh Mohamed di media sosial setelah diskusi mereka.

Meskipun hubungan ekonomi dan keamanan yang lebih erat dengan Israel telah terjalin selama tiga tahun terakhir, Abu Dhabi tidak terlalu berhasil dalam mengekang serangan di Gaza, yang telah menyebabkan kematian lebih dari 11.000 orang, menurut para pejabat Palestina. Hamas menewaskan sekitar 1.200 orang dalam serangan mendadaknya terhadap Israel dan sekitar 240 sandera, kata pihak berwenang Israel.

Di tengah kebuntuan tersebut, UEA semakin frustrasi terhadap mitra keamanan terpentingnya, Washington, yang diyakini tidak memberikan tekanan yang cukup untuk mengakhiri perang, kata keempat sumber tersebut.

Anwar Gargash, penasihat diplomatik presiden UEA, mengatakan minggu ini bahwa Washington perlu mengakhiri konflik dengan cepat dan memulai proses untuk menyelesaikan masalah Israel-Palestina yang telah berlangsung puluhan tahun dengan menangani pengungsi, perbatasan, dan Yerusalem Timur.

UEA secara terbuka menyatakan keprihatinannya bahwa perang tersebut kini berisiko memicu ketegangan regional dan gelombang ekstremisme baru di Timur Tengah.

Berbicara pada tanggal 18 Oktober di Dewan Keamanan PBB, di mana UEA memegang kursi bergilir, Duta Besar Lana Nusseibeh mengatakan bahwa Abu Dhabi telah berupaya melalui Perjanjian Abraham dengan Israel dan Amerika Serikat untuk mewujudkan kemakmuran dan keamanan di Timur Tengah yang baru melalui kerja sama. dan hidup berdampingan secara damai.

“Kerusakan yang terjadi tanpa pandang bulu yang menimpa masyarakat Gaza dalam upaya menjaga keamanan Israel berisiko menghancurkan harapan tersebut,” katanya.

Seorang pejabat senior Eropa mengatakan kepada Reuters bahwa negara-negara Arab kini menyadari bahwa tidak mungkin membangun hubungan dengan Israel tanpa mengatasi masalah Palestina. Kementerian luar negeri Israel menolak berkomentar mengenai cerita ini.

UEA terus menerima duta besar Israel dan tidak ada prospek untuk mengakhiri hubungan diplomatik, yang merupakan prioritas strategis jangka panjang Abu Dhabi, kata sumber tersebut.

Kesepakatan tersebut sebagian dimotivasi oleh keprihatinan bersama atas ancaman yang ditimbulkan oleh Iran, serta penyesuaian kebijakan luar negeri Abu Dhabi yang didorong oleh ekonomi. UEA melihat Iran sebagai ancaman terhadap keamanan regional, meskipun baru-baru ini ah mereka telah mengambil langkah-langkah diplomatis untuk meredakan ketegangan.

Israel dan UEA telah mengembangkan hubungan ekonomi dan keamanan yang erat dalam tiga tahun sejak normalisasi, termasuk kerja sama pertahanan. Israel memasok sistem pertahanan udara kepada UEA setelah serangan rudal dan drone di Abu Dhabi pada awal tahun 2022 oleh gerakan Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman.

Perdagangan bilateral telah melampaui $6 miliar sejak tahun 2020, menurut data pemerintah Israel. Wisatawan Israel memadati hotel, pantai, dan pusat perbelanjaan di UEA, yang merupakan kekuatan minyak OPEC dan pusat bisnis regional.

“Mereka (UEA) mendapatkan keuntungan yang tidak ingin mereka hilangkan,” kata salah satu sumber, seorang diplomat senior yang berbasis di Timur Tengah.

Bahkan sebelum serangan 7 Oktober, Abu Dhabi merasa prihatin dengan kegagalan pemerintah sayap kanan Israel dalam mengekang perluasan pemukiman Yahudi di Tepi Barat dan kunjungan berulang kali oleh penganut agama sayap kanan Israel ke kompleks yang menampung Al-Qaeda. Masjid Aqsa, situs tersuci ketiga dalam Islam. Kompleks tersebut, yang dihormati oleh orang-orang Yahudi sebagai sisa dari dua kuil kuno mereka, telah lama menjadi titik konflik Israel-Palestina.

Tidak ada satu pun dari empat sumber yang mengesampingkan bahwa UEA dapat menurunkan atau memutuskan hubungan dengan Uni Emirat Arab jika krisis meningkat.

Sumber menyebutkan, perpindahan penduduk Palestina dari Jalur Gaza atau Tepi Barat ke Mesir atau Yordania merupakan garis merah bagi Abu Dhabi.

James Dorsey, peneliti senior di Universitas Nasional Singapura, mengatakan perang di Gaza telah mendiskreditkan gagasan bahwa kerja sama ekonomi dapat membangun kawasan yang stabil. “Timur Tengah yang baru sedang dibangun di atas landasan yang sangat rapuh,” katanya kepada Reuters.

JAUH DARI HAMAS
Israel telah menolak seruan internasional untuk segera melakukan gencatan senjata: Netanyahu mengatakan tidak akan menghentikan serangannya sampai para sandera dikembalikan. Pemerintahannya telah berjanji untuk menghancurkan Hamas, yang diklasifikasikan sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Selain mengkritik perilaku perang Israel, Abu Dhabi juga mengecam serangan Hamas. UEA memandang kelompok militan Palestina dan kelompok Islam lainnya sebagai ancaman terhadap stabilitas Timur Tengah dan sekitarnya.

“Hamas bukanlah organisasi favorit mereka,” kata salah satu sumber. “Bagaimanapun, ini adalah Ikhwanul Muslimin.”

UEA memimpin dakwaan terhadap Ikhwanul Muslimin Mesir, organisasi Islam tertua di Dunia Arab.

Hal ini membantu Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menggulingkan Mohammed Mursi dari Ikhwanul Muslimin dalam pengambilalihan militer pada tahun 2013 setelah protes massal terhadap pemerintahannya. UEA memberi Mesir dukungan miliaran dolar setelah penggulingan Mursi.

Abu Dhabi juga meninggalkan mantan presiden Islam Sudan Omar Hassan al-Bashir pada tahun 2019, yang pada akhirnya menyebabkan jatuhnya cengkeraman Ikhwanul Muslimin atas kekuasaan di sana setelah mereka mendominasi politik Sudan selama beberapa dekade. UEA sebelumnya telah menyuntikkan miliaran dolar ke kas Sudan.

KEYWORD :

Uni Emirat Arab Hubungan Israel Gaza Dibombardir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :