Rabu, 24/04/2024 17:11 WIB

Gandeng BNN dan Berbagai Instansi, KSOP Tarakan Gelar Tes Urine Awak Kapal

Tes Urine bagi awak kapal melibatkan BNN Provinsi Kalimantan Utara untuk memastikan awak kapal sehat dan bebas dari Narkoba. 

Menjelang Lebaran 1440 H/2019, KSOP Tarakan bersama BNN dan instansi terkait mengelar tes urine bagi awak kapal dan apel kesiapan angkutan Lebaran.

Tarakan, Jurnas.com – Usai pelaksanaan Apel Kesiapan dan Pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut dan Dinas Perhubungan (Dishub) di wilayah Kalimantan Utara melakukan pemeriksaan kelaiklautan kapal speed boat secara gabungan yang terpusat di Tarakan pada tanggal 21-22 Mei 2019.
 
Dalam rangkaian kegiatan tersebut, tim juga melakukan Tes Urine bagi awak kapal dengan melibatkan BNN Provinsi Kalimantan Utara. Tujuanya untuk memastikan awak kapal yang bertugas dalam kondisi sehat dan bebas dari Narkoba.
 
Kegiatan ini menunjukkan koordinasi dan sinergi yang kuat antara Ditjen Perhubungan Laut dengan Dishub dan instansi terkait di Kalimantan Utara karena melibatkan berbagai pihak antara lain KSOP Nunukan, UPP Sungai Nyamuk, UPP Tanjung Selor, UPP Pulau Bunyu, Dishub Provinsi Kalimantan Utara, Dishub Kabupaten Malinau, Dishub Kabupaten Tanah Tidung, Dishub Kabupaten Malinau, Dishub Kabupaten Nunukan, Dishub Kota Tarakan, Basarnas dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Pelabuhan Malundung.
 
Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli Kantor KSOP Tarakan Syaharuddin mengatakan bahwa pemeriksaan kelaiklautan kapal dan life jacket (jaket pelampung) sudah sering dilakukan guna memastikan kapal dalam keaadaan laiklaut siap untuk berangkat.
 
Syaharuddin menjelaskan, dalam pemeriksaan ini tim mengamankan 76 life jacket yang sudah tidak layak digunakan lagi karena kondisi yang robek dan gabus yang sudah tipis serta 2  tabung pemadam yang sudah tak dapat dilakukan pengisian ulang.
 
“Namun jumlah life jacket yang tidak layak sudah jauh menurun dibanding tahun sebelumnya yang bisa mencapai 800 life jacket yang diamankan setiap tahunnya,” kata Syaharuddin.

Adapun dalam Apel Kesiapan Angkutan Lebaran juga dilakukan pembagian life jacket kepada nelayan yang merupakan sumbangan dari perusahaan pelayaran PT.Pelni sebanyak 222 buah.

"Kegiatan ini sudah yang kedua kalinya dilakukan, di mana tahun sebelumnya telah dibagikan sebanyak 228 life jacket yang merupakan sumbangan dari Agen pelayaran se kota Tarakan,” pungkasnya.

KEYWORD :

KSOP Tarakan Dishub BNN tes urine




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :