Jum'at, 19/04/2024 21:11 WIB

Bulog Diminta Segera Serap Gabah Petani

Turunnya harga gabah karena saat ini wilayah sentra produksi padi sedang melakukan panen raya. 

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi kala menerima beberapa media di ruang kerjanya, Kamis (17/5).

Jakarta, Jurnas.com - Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) mendesak Badan Urusan Logistik (Bulog) segera menyerap gabah petani untuk menjaga stabilitas harga.

"Bulog harus bergegas menyerap gabah petani, karena harga sudah mulai turun, yakni mendekati Rp4.070," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi di kantornya, Senin (18/3).

Menurut Agung, turunnya harga gabah karena saat ini wilayah sentra produksi padi sedang melakukan panen raya. Beberapa diantaranya ada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Selatan dan Lampung.

"Kondisi ini merupakan waktu yang tepat bagi Bulog untuk menyerap hasil panen petani secara maksimal. Jika tidak diserap, kasihan petani kalau harganya anjlok," ujar Agung.

Agung berharap serapan gabah Bulog mampu menstabilkan harga pangan baik di tingkat petani maupun konsumen. Lebih dari itu, para petani juga bisa meraup keuntungan sehingga kesejahteraan mereka meningkat.

"Maksud saya jangan sampai petani berteriak kalau harga jatuh. Makanya langkah yang harus dilakukan adalah menyerap segera mungkin. Kan kalau harga sudah terlanjur jatuh, sulit lagi mengembalikannya karena kita tahu kemampuan bulog tidak banyak," katanya.

Sebagai langkah awal, pemerintah sejauh ini sudah berupaya melakukan percepatan serapan melalui pola pendekatan dengan Gabunhan Kelompok Tani (Gapoktan) baik langsung maupun melalui mitra.

"Gapoktan dan mitra harus sanggup menyetorkan berapapun yang diperlukan Bulog. Nah, sebaliknya sekarang tinggal Bulog yang harus membuka diri," katanya.

Selain stabilisasi harga, Tambah Agung, posisi Bulog juga diharapakan mampu mengamankan pasokan supaya kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi dengan baik.

"Jadi kalau harga sudah turun begini dan Bulog tidak menyerap berarti Bulog tidak melakukan salah satu fungsinya. Oleh karena itu, sekali lagi, saya minta Bulog segera melakukan pengamanan pasokan dan penyerapan," tukasnya.

KEYWORD :

Badan Logistik Panen Padi Agung Hendriadi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :