Kamis, 18/04/2024 12:03 WIB

Tes CPNS 2018 Manfaatkan Sistem UNBK Kemdikbud

Diharapkan pelaksanaan tes yang menggunakan computer assisted test (CAT), lebih mendekatkan peserta dengan lokasi

Komisi X DPR RI meninjau persiapan pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 3 Sekolah Kebangsaan Surabaya, Jawa Timur​.

Jakarta - Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 memanfaatkan sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK), yang selama ini dijalankan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Dengan begitu, diharapkan pelaksanaan tes yang menggunakan computer assisted test (CAT), lebih mendekatkan peserta dengan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di beberapa kabupaten/kota. Sehingga, memudahkan dan meringankan beban peserta, khususnya pembiayaan terkait transportasi.

"Kami berkolaborasi untuk membangun sistem itu. Sehingga sekarang ini tes bisa dilakukan di semua kabupaten/kota," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana pada Jumat (28/9) di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Jakarta.

Ditambahkannya, guna menghindari kendala saat pelaksanaan seleksi, saat ini BKN menambah kapasitas lebar pita (bandwith) untuk pendaftaran dan pelaksanaan hingga empat sampai lima kali lipat.

"Dukcapil dilebarkan menjadi 10 megabit per detik. Dan untuk SSCN dari 2 gigabit menjadi 4 gigabit," imbuh Bima.

Sementara Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan, saat ini hampir tidak ada kabupaten/kota di Indonesia yang tidak terjangkau jaringan Kemendikbud. Selain jaringan, Kemendikbud juga berperan dalam penyediaan soal-soal yang digunakan untuk seleksi.

"Tinggal nanti ada modifikasi saja. Selama ini kan dipakai untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer, kemudian nanti dipakai untuk tes CPNS," ujarnya.

Segera, lanjut Muhadjir, Kemdikbud akan membuat pengaturan tentang pengorganisasian pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2018 menggunakan UNBK; menyusun Prosedur Operasional Standar (POS) dan Pakta Integritas pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2018 menggunakan UNBK yang diselaraskan dengan Prosedur Operasional Standar BKN

Juga, menyesuaikan aplikasi UNBK terkait manajemen data peserta, bank soal, pengolahan hasil seleksi dengan CAT BKN; membuat penjadwalan pelaksanaan SKD dan SKB menggunakan UNBK; menyampaikan bahan pelatihan aplikasi UNBK bagi koordinator, proktor dan teknisi di kabupaten/kota; serta melakukan pemantauan dan pengendalian atas pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2018 dengan UNBK.

KEYWORD :

CPNS UNBK Kemdikbud KemenPAN-RB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :