Kamis, 06/05/2021 04:33 WIB

Presiden Mesir Diam-diam Bertemu Perdana Menteri Israel

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor al-Sisi pada Kamis, pertemuan baru-baru ini juga membahas cara menghidupkan kembali proses perdamaian Palestina-Israel yang macet.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi (kiri) dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud (Foto: Memo)

Yerusalem - Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi bertemu dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu di sela-sela pertemuan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang saat ini berlangsung di New York.

Media Israel, Channel 10, mengutip seorang sumber di kantor Netanyahu yang mengatakan bahwa pertemuan itu membahas masalah regional dan situasi di Gaza.

Sayangnya, sumber itu tidak memberikan rincian lebih lanjut. Namun tahun lalu, Al-Sisi juga bertemu dengan Netanyahu dalam pertemuan Majelis Umum PBB.

Media Israel juga melaporkan bahwa Netanyahu dan al-Sisi mengadakan pertemuan rahasia pada Mei di ibu kota Mesir, Kairo.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor al-Sisi pada Kamis, pertemuan baru-baru ini juga membahas cara menghidupkan kembali proses perdamaian Palestina-Israel yang macet.

Sekedar diketahui, Mesir saat ini sedang menengahi antara Israel dan faksi Palestina dengan tujuan untuk mencapai gencatan senjata di Jalur Gaza.

Rumah bagi hampir dua juta warga Palestina, Jalur Gaza telah tertekuk di bawah blokade Israel yang melumpuhkan sejak 2007, ketika kelompok perlawanan Hamas mengambil alih daerah pantai.

Sejak 30 Maret, warga Palestina di jalur yang diblokade telah melakukan demonstrasi hampir setiap hari untuk menuntut diakhirinya blokade 11 tahun yang telah memusnahkan ekonomi wilayah itu. (aa)

TAGS : Mesir Israel Abdel Fattah al-Sisi Palestina




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :