Senin, 06/05/2024 22:01 WIB

Qatar Genjot Produksi Gas Cair

Qatar Petroleum mengumumkan rencana untuk mengembangkan gas tambahan dari North Field dan membangun tiga mega-tranport LNG baru.

Qatar Pertoleum (Foto: Reuters)

Doha - Qatar Petroleum akan meningkatkan produksi gas alamnya dengan menambahkan lini produksi gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) keempat untuk meningkatkan kapasitas dari North Field menjadi 110 juta ton per tahun.

Pemasok LNG dunia pada Rabu mengatakan, output dari lapangan, yang dibagi dengan Iran, sekarang akan naik dari 77 juta ton per tahun.

"Berdasarkan hasil baik yang diperoleh melalui penilaian dan pengujian tambahan baru-baru ini, kami telah memutuskan untuk menambah mega train LNG keempat," kata CEO Saad Sherida al-Kaabi dalam sebuah pernyataan.

"Peningkatan produksi juga akan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Qatar dan merangsang ekonomi lainnya, serta pembangunan keseluruhan negara," tambahnya.

Tahun lalu, Qatar Petroleum mengumumkan rencana untuk mengembangkan gas tambahan dari North Field dan membangun tiga mega-tranport LNG baru.

Langkah ini dilakukan lebih dari satu tahun setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Qatar.

Proyek baru ini akan menghasilkan sekitar 32 juta ton LNG per tahun, 4.000 ton per hari etana, 260.000 barel per hari kondensat, dan 11.000 ton sehari LPG, di samping sekitar 20 ton per hari dari helium murni, Qatar Petroleum kata.

Ini akan meningkatkan total kapasitas produksi Qatar dari 4,8 juta menjadi 6,2 juta barel setara minyak per hari. (Al Jazeera)

KEYWORD :

Qatar Petroleum LNG




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :