Selasa, 21/09/2021 18:23 WIB

Hanya Dua Pekan Wabah Kolera Tewaskan 97 Warga Nigeria

PBB melaporkan lebih dari 500 orang meninggal akibat kolera di wilayah Danau Chad sejak awal tahun ini.

Ilustrasi korban Kolera

Nigeria - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)  mengatakan, sekitar 100 orang selama dua minggu terakhir tewas akibat terjangkit wabah kolera. Sementara ribuan orang lainya dinyatakan tertular penyakit tersebut.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) pada Sabtu (22/9) mengatakan, jumlah kasus yang tercatat di Yobe dan Borno menyatakan hingga kini sudah mencapai 3.126 orang terinfeksi, termasuk 97 kematian.

Wabah itu diumumkan dua minggu lalu di negara bagian Borno yang bergolak, tempat ratusan ribu orang terlantar tinggal di kamp-kamp setelah melarikan diri dari kelompok bersenjata Boko Haram.

Pada Rabu (19/9), PBB melaporkan lebih dari 500 orang meninggal akibat kolera di wilayah Danau Chad sejak awal tahun ini, mewakili wabah terburuk yang menghantam daerah itu dalam empat tahun.

"Banjir dan hujan lebat, salah satu tempat yang paling ideal merebaknya wabah kolera," terang OCHA, dilansir Al Jazeera, Minggu (23/9).

Dikatakan Nigeria adalah yang paling terpukul dengan 24.000 kasus secara keseluruhan, menambahkan tindakan segera diperlukan untuk menghentikan penyebaran penyakit.

Penyakit yang ditularkan melalui air adalah ancaman konstan di wilayah Danau Chad karena kurangnya sanitasi yang memadai, serta tergenang air tanah selama musim hujan.

TAGS : Boko Haram Nigeria PBB kolera




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :