Kamis, 02/12/2021 09:57 WIB

KPK Seleksi Lima Calon Dirdik Pengganti Brigjen Aris Budiman

KPK menyeleksi lima calon Direktur Penyidikan (Dirdik) baru pengganti Brigjen Aris Budiman. Lima calon Dirdik tersebut telah melewati beberapa tahap seleksi.

Gedung KPK RI (foto: Jurnas)

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyeleksi lima calon Direktur Penyidikan (Dirdik) baru pengganti Brigjen Aris Budiman. Lima calon Dirdik tersebut telah melewati beberapa tahap seleksi.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, beberapa tahap seleksi yang dilakukan sejak akhir Mei 2018 antara lain, seleksi administrasi, tes potensi, asesmen kompetensi atau bahasa inggris dan tes kesehatan.

"Calon direktur penyidikan sampai tahap wawancara total 5 orang, 3 dari Polri, 1 Kejaksaan dan 1 internal KPK," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (1/8).

Febri menjelaskan untuk lima calon yang lolos pada seleksi awal di antaranya tiga anggota Polri yakni Arief Adiharsa, Yudhiawan, dan R Z Panca Putra. Sedangkan dari unsur Kejaksaan yaitu Yudi Kristiana.

Sayangnya, Febri tak menyebut nama calon dari internal KPK. "Tahap akhir tes sudah dilakukan kemarin, yaitu tes wawancara," katanya.

Sebelum lima calon ini, KPK juga sudah menyeleksi beberapa calon. Namun, pada tahap wawancara dengan pimpinan KPK, para kandidat dinyatakan tidak berkompeten.

Febri menjelaskan untuk saat ini, kelima pimpinan KPK masih berdialog untuk menentukan satu dari lima calon tersebut. Yang jelas, kata dia calon yang terpilih sudah memenuhi kriteria dan memiliki kemampuan dalam memberantas praktik rasuah di tanah air.

"Setelah ini, pimpinan KPK akan mempertimbangkan dan membahas bersama kandidat yang tepat dengan memperhatikan rekam jejak masing-masing calon," pungkasnya.

TAGS : KPK Seleksi Dirdik Aris Budiman




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :