Jum'at, 06/08/2021 01:37 WIB

AS Ingin Bantu Palestina, Tapi dengan Syarat Ini

Bendera Israel berkibar di depan Kubah masjid Shakhrah dan kota Yerusalem (AFP/Thomas Coex)

Kairo - Washington menyampaikan keinginannya untuk memberikan bantuan ke Palestina dengan imbalan konsesi politik dalam konteks rencana perdamaian Timur Tengah yang didukung oleh Amerika Serikat (AS).

"Tampaknya rencana Amerika sekarang adalah untuk memberikan bantuan ekonomi bagi warga di Gaza dan Tepi Barat sebagai imbalan untuk membuat konsesi yang tidak adil di bawah apa yang disebut-sebut sebagai `Kesepakatan Abad Ini`," kata mantan wakil presiden Mesir Mohamed ElBaradei.

Menurut dia, "Kesepakatan Abad Ini" adalah rencana pemerintah AS yang bertujuan mencapai solusi perdamaian abadi antara Israel dan Palestina.

Pernyataan itu muncul hanya satu hari setelah pertemuan antara Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi dan dua pejabat administrasi tingkat atas AS, Jared Kushner dan Jason Greenblatt, di Kairo.

Kushner dan Greenblatt saat ini sedang melakukan perjalanan ke kawasan Timur Tengah, termasuk Mesir, Israel, Yordania, Arab Saudi, dan Qatar.

Banyak pengamat meyakini bahwa tujuan utama kunjungan tersebut adalah untuk menyampaikan usulan dari rencana perdamaian Presiden AS Donald Trump kepada para pemimpin regional.

Meskipun begitu, pemimpin Palestina telah menyampaikan penolakannya atas mediasi AS sejak Desember lalu, ketika Trump secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (aa)

TAGS : Palestina Israel Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :