Kamis, 29/07/2021 18:46 WIB

Menentang Ekspansi Bandara, Menteri Inggris Mengundurkan Diri

Greg Hands mengundurkan diri dari Dewan Rakyat Britania Raya setelah melawan rencana pembangunan landasan pacu ketiga untuk bandara tersibuk di Eropa itu

Greg Hands mengundurkan diri sebagai Menteri Perdagangan Internasional Inggris

London - Greg Hands telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan Internasional Inggris. Dia  menentang pembangunan landasan pacu ketiga di Bandara Heathrow yang direncanakan oleh Dewan Rakyat Britania Raya atau Majelis Rendah Parlemen Inggris.

"Karena Pemerintah akan mengocok pemungutan suara pada hari Senin, ini berarti saya mengundurkan diri dari Pemerintah," kata Hands dalam sebuah pernyataan di Twitter.

Hands juga menuliskan, "merupakan suatu kehormatan untuk melayani Perdana Menteri (dan pendahulunya) selama tujuh tahun terakhir dan saya berharap PM & Pemerintah selalu sukses."

Anggota parlemen konstituen Chelsea and Fulham itu telah melawan rencana pembanguan landasan pacu ketiga Heathrow sejak lama. Salah satu juru bicara pemerintah Inggris mengatakan kepada The Guardian, keputusan Hands bukanlah sesuatu yang mengejutkan.

Wali kota London, Sadiq Khan, juga sempat mengungkapkan keberatannya dengan proyek perluasan bandara Heathrow.

"Meskipun saya percaya pada Heathrow yang lebih baik, saya tidak percaya bahwa Heathrow yang lebih besar adalah jawaban yang tepat untuk London dan saya tetap berkomitmen untuk menentang keputusan seperti itu," kata Khan.

Rencana pemerintah untuk memperluas bandara terbesar Inggris itu diperkirakan akan disetujui oleh Dewan Rakyat Britania Raya pada hari Senin, dan anggaran untuk proyek perluasan yang diusulkan adalah sebesar GBP14 miliar (atau sekitar USD1835 miliar).

Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson, yang juga vokal melawan rencana ekspansi, telah banyak dikritik karena malah berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri pada saat hari pemungutan suara. Salah satunya kritik dilontarkan oleh sekretaris transportasi, Andy McDonald.

"Dia akan berangkat ke Luksemburg pada hari Senin bukan untuk menghindari pemungutan suara, tapi karena dia terlalu lemah untuk memenuhi janjinya," kata dia. (AA)

TAGS : Menteri Perdagangan Inggris Bandara




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :