Rabu, 01/12/2021 03:35 WIB

UAE Umumkan Hari Raya Idul Fitri

IAC mengatakan bahwa mereka mengharapkan bulan sabit akan terlihat dari semua negara Islam dengan teleskop jika langit cerah pada malam 14 Juni.

Ilustrasi bulan sabit (Foto: Morocco World News)

Abu Dhabi - Hari pertama Idul Fitri diperkirakan  jatuh pada Jumat, 15 Juni di sebagian besar negara Islam, menurut Pusat Astronomi Internasional (IAC).

Tanggal resmi tergantung pada penampakan bulan yang akan diamati komite di UAE pada malam hari ke-30 Ramadhan. Jika bulan baru terlihat, maka Ramadan akan berakhir pada 29 hari dan pagi berikutnya akan diumumkan sebagai hari pertama Syawal. Jika bulan sabit tidak dapat dilihat, maka hari berikutnya tetap Ramadan dan Idul Fitri, secara default, dimulai hari setelah itu (16 Juni).

IAC mengatakan bahwa mereka mengharapkan bulan sabit akan terlihat dari semua negara Islam dengan teleskop jika langit cerah pada malam 14 Juni.

Hari raya Idul Fitri biasanya berlangsung tiga hari untuk sektor publik dan dua hari untuk sektor swasta. Jika Idul Fitri jatuh pada Jumat, sektor swasta tidak akan mendapatkan tambahan liburan tetapi keputusan akhir akan dibuat oleh Pemerintah UAE.

Idul Fitri menandai salah satu dari dua pesta suci yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Hari pertama Idul Fitri  bertepatan dengan hari pertama bulan kalender lunar Syawal.

Perayaan dimulai dengan shalat Idul Fitri saat fajr - atau fajar. Doa selalu dilakukan dalam kelompok dan melibatkan ritual tertentu dan khotbah yang unik untuk doa-doa lainnya yang dipraktekkan oleh umat Islam.

Muslim disarankan untuk mengikuti tradisi Nabi Muhammad dan mandi sebelum shalat Idul Fitri, memakai parfum dan pakaian baru. Sambutan Idul Fitri dan temui tetangga, keluarga dan teman-teman.

Muslim kemudian merayakan Idul Fitri selama tiga hari dengan mengunjungi keluarga dan orang yang dicintai. Baru-baru ini, telah menjadi praktik umum untuk menggunakan liburan Idul Fitri untuk bepergian atau melakukan kegiatan ekstra kurikuler. (The National)

TAGS : Idul Fitri UAE Ramadan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :