Kamis, 07/07/2022 00:03 WIB

Ajaib, Pengungsi Palestina Ini Panjat Gunung Everest dengan Satu Kaki

Al-Hawamdeh sudah lama kehilangan satu kakinya akibat kanker tulang.

Al-Hawamdeh mendaki Gunung Everest (Foto: Memo)

Yerusalem - Jarah al-Hawamdeh menjadi bukti bahwa niat adalah segalanya. Bagaimana tidak, pengungsi Palestina yang berada di Yordania ini memanjat puncak tertinggi di dunia, Everest hanya dengan menggunakan satu kakinya.

Dilansir dari Memo, Al-Hawamdeh sudah lama kehilangan satu kakinya akibat kanker tulang. Dan upayanya memanjat Gunung Everest ini juga dalam rangka mengumpulkan dana untuk sekolah yang telah memberinya kesempatan untuk belajar.

Pria 22 tahun itu bersekolah di Al-Jufe School. Al-Jufe merupakan sekolah yang didirikan oleh Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), yang saat ini sedang mengalami krisis anggaran, sebab ditahan oleh Amerika Serikat.

Sementara, di Al-Jufe terdapat 750 anak pengungsi Palestina yang menempuh pendidikan. Inilah yang kemudian menggerakkan hati Al-Hawamdeh untuk mencari sumbangan dana dari para dermawan.

"Segalanya mungkin. Pengungsi Palestina punya hak untuk mewujudkan impian mereka. Dengan pendakian ini, saya akan membuktikan bahwa segalanya mungkin," ujar Al-Hawamdeh.

"Dengan meningkatkan kesadaran, saya harap dapat mengumpulkan $1 juta untuk sekolah yang memberi saya pendidikan," imbuhnya.

Ini bukan pertama kalinya Al-Hawamdeh memanjat gunung hanya dengan satu kakinya. Tahun lalu, Al-Hawamdeh juga menaklukkan gunung api terbesar Gunung Kilimanjaro, untuk meningkatkan kesedaran masyarakat tentang kanker.

TAGS : Palestina Unik Gunung Everest




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :