Selasa, 30/04/2024 14:31 WIB

Nama "Finlandia" Ternyata Tak Dipakai di Finlandia

Beberapa nama negara di dunia bukan diambil dari bahasa asli masyarakat setempat. Dan hal itu lumrah terjadi.

Orang Finlandia (foto: Reuters)

Jakarta – Beberapa nama negara di dunia bukan diambil dari bahasa asli masyarakat setempat. Dan hal itu lumrah terjadi. Seperti halnya dengan nama ‘Indonesia’ yang diambil dari Bahasa Yunani ‘Indu’ dan ‘Nesie’.

Namun apa jadinya jika nama negara justru tak dipakai oleh masyarakat? Dan ini benar-benar terjadi di Finlandia.

Nama ‘Finlandia’ tidak lahir di Finlandia. Orang asli Finlandia tak mengenal huruf ‘F’. Salah satu teori mengatakan ‘Finlandia’ diadaptasi dari Bahasa Inggris kuno finna, yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang dari Skandinavia.

Namun beberapa sejarawan yakin nama ‘Finlandia’ berasal dari Swedia, yang berbunyi ‘finlonti’ dan ‘finlandi’. Kedua kata ini dipakai pada awal abad ke-12 untuk mendeskripsikan kawasan yang saat ini disebut Finlandia.

Kendati banyak spekulasi yang mencari tahu asal muasal nama Finlandia, orang-orang Finlandia justru tak menggunakan nama ini. Penduduk setempat lebih menyukai nama ‘Suomi’ ketimbang Finlandia.

Lalu, dari mana nama ‘Suomi’ muncul? Dan mengapa kata itu diidentifikasikan sebagai Finlandia?

Dilansir dari BBC, sejak 1809 hingga 1917, Finlandia merupakan salah satu daerah kerajaan yang berada di bawah Kekaisaran Rusia. Sebelum jatuh ke tangan Rusia, Finlandia terlebih dahulu diduduki oleh Swedia selama hampir 700 tahun. Revolusi Rusia akhirnya membuka jalan bagi Finlandia merdeka seratus tahun lalu.

“Tidak ada pengetahuan pasti tentang asal mula sebenarnya nama ‘Suomi’,” jelas kurator Museum Nasional Finlandia, Satu Frondelius.

Frondelius menjelaskan, satu hal yang pasti mengenai Suomi yakni kata itu berasal dari istilah ‘suomaa’ yang berarti lahan rawa dalam bahasa asli Finlandia. Hal itu dikarenakan dulu sebagian besar kawasan Finlandia merupakan rawa-rawa.

“Teori lain menyatakan kata itu berasal dari ‘suomu’ yang berarti ikan. Karena orang Finlandia zaman dulu mengenakan pakaian dari kulit ikan,” terangnya.

Hingga kini, tak bisa dipastikan mengapa ‘Suomi’ dijadikan nama untuk negara Finlandia. Yang jelas, negara itu tetaplah menjadi bagian dari sejarah Rusia dan Swedia.

KEYWORD :

Unik Bahasa Finlandia Sejarah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :