Sabtu, 27/11/2021 12:33 WIB

Gunung Agung Keluarkan Awan Panas, 26 Penerbangan Dibatalkan

Awan panas Gunung Agung, Bali

Lombok Tengah - Sebanyak 26 penerbangan dari dan menuju Lombok Internasional Airport, Nusa Tenggara Barat, dibatalkan menyusul penutupan bandara itu akibat dampak erupsi Gunung Agung di Bali.

"Sebelum penutupan, ada 25 penerbangan yang harus dibatalkan, setelah notam 26 penerbangan dibatalkan. Bahkan maskapai Garuda Indonesia dan Air Asia sudah lebih dulu membatalkan penerbangan," kata General Manager Angkasa Pura I Lombok Internasional Airport (LIA) I Gusti Ngurah Ardita saat konferensi pers di Praya, Lombok Tengah, Minggu.

Ardita menuturkan, pembatalan penerbangan akibat penutupan LIA ini untuk seluruh rute penerbangan baik domestik dan internasional dari dan menuju bandara. Di antara rute-rute tersebut adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Denpasar, Sumbawa, dan Bima, termasuk dua penerbangan internasional dari Kuala Lumpur dan Singapura.

"Dalam sehari ada 104 pergerakan pesawat di LIA," terangnya.

Penutupan operasional LIA setelah diterbitkan notam (catatan peringatan penerbangan) B 8868/17 yang dikeluarkan pukul 17.55 Wita. Aspek safety atau keselamatan penerbangan, menjadi faktor pertimbangan utama sehingga operasional LIA harus ditutup.

"Penutupan ini berlangsung hingga Senin pagi atau pukul 06.00 Wita," katanya. (ant)

 

TAGS : Gunung agung Bandara ditutup




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :