Kamis, 02/12/2021 22:49 WIB

Teroris Ledakkan Masjid, 50 Jemaah Tewas

Aksi bom bunuh diri itu dilakukan saat jemaah sedang melakukan ibadah Salat Subuh.

Pasukan Boko Haram

Lagos, Nigeria – Suasana subuh yang hening mendadak gaduh setelah kelompok teroris melancarkan bom bunuh diri di sebuah masjid di Lagos, Nigeria, pada Selasa (21/11) dini hari. Akibat serangan mematikan tersebut, dikabarkan 50 orang tewas di tempat.

Dikutip dari The Associated Press, juru bicara kepolisian Nigeria Othman Abubakar mengatakan sampai saat ini pemerintah masih memastikan jumlah korban luka, sebab seluruh korban sedang berada di rumah sakit yang tersebar di kota tersebut.

Meskipun belum ada kelompok yang bertanggung jawab, kecurigaan mengarah pada kelompok radikal Boko Haram. Kelompok yang bermarkas di negara bagian Borno ini sudah melancarkan serangan serupa dalam kurun beberapa tahun terakhir.

Boko Haram semakin sering menggunakan remaja atau remaja putri sebagai pelaku bom. Di antara mereka merupakan korban penculikan,” tulis TIME.

Sebelumnya Presiden Nigeria Muhammadu Buhari menegaskan Boko Haram sudah lenyap. Sayang, bulan lalu militer Nigeria berhasil mengepung Boko Haram di hutan persembunyiannya yang masih berada di wilayah Nigeria, dan membuktikan pernyataan Buhari terlalu prematur.

Selama satu dekade terakhir, Boko Haram sudah menewaskan total 20.000 orang. Tak hanya menewaskan warga sipil, Boko Haram juga membuat jutaan orang mengungsi, dan menciptakan krisis kemanusiaan makin meluas.

TAGS : Terorisme Radikalisme Boko Haram ISIS Nigeria




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :