Rabu, 06/07/2022 13:18 WIB

Tradisi Ziarah di Makam Sayyid Ajjal Saat Lebaran di China

China merupakan salah satu negara yang banyak penduduknya beragama islam China secara resmi mengakui 56 kelompok etnis Dari 56 etnis tersebut 10 diantaranya mayoritas muslim

Ilustrasi

Jakarta - China merupakan salah satu negara yang banyak penduduknya beragama islam. China secara resmi mengakui 56 kelompok etnis. Dari 56 etnis tersebut 10 di antaranya seperti etnis Uyghur atau Hui sebagian besarnya beragama Islam, jadi terdapat sekitar 25 juta muslim di China.

Para penduduk muslim yang berada di Provinsi Yunnan, memiliki tradisi mengunjungi makan Sayyid Ajjal (ziarah), pada saat hari raya idul fitri.

Sayyid Ajjal Syams Al Din Omar (1211–1279) adalah gubernur pertama Yunnan yang pertama kali menyebarkan Islam, dan mempraktikan toleransi terhadap agama-agama lain.

Ia merupakan gubernur yang ditunjuk oleh Dinasti Mongol Yuan. Sayyid Ajjal Syams Al Din Omar berasal dari Uzbekiztan, ia diduga berasal dari keturunan Ali Bin Abi Tholib dan Nabi Muhammad SAW.

Para pengunjung yang mendatangi makam pun membersihkan daerah sekitar makan, dan berkumpul untuk membaca Alqur`an dan doa di makam gubernur pertama Yunnan itu. Tradisi ini menurut banyak orang menyerupai festival Qingming China, dimana para keluarga mengunjungi makan leluhur untuk menghormati para tetua.

TAGS : Hikmah Lebaran Tradisi China Sayyid Ajjal




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :