Senin, 04/03/2024 05:42 WIB

PKB Sudah Final Usung Gus Ipul untuk Jatim

PKB memastikan pengusungan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul unuk maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jatim sudah final.

Wasekjen PKB, Jazilul Fawaid

Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan pengusungan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul unuk maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jatim sudah final.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partai optimis Gus Ipul unggul meski elektabilitasnya bersaing ketat dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Kalau PKB jelas sudah Gus Ipul. Yang memilih Bu Risma dan yang memilih Gus Ipul punya segmen masing-masing," kata Jazilul, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (12/6).

Kata Jazilul, hingga saat ini PKB sedang menggodok sejumlah nama untuk maju mendampingi Gus Ipul sebagai calon wakil gubernur.

"Pengurus wilayah Jawa Timur terus berkeliling ke partai-partai untuk terus mengajak mendukung Gus Ipul sekaligus memberi masukan terkait wakil," terangnya.

Meski bisa mengusung calon sendiri, lanjut Jazilul, PKB akan menjalin koalisi dengan sejumlah partai. Dan hingga saat ini sedang menjajaki dengan beberapa partai.

"Kami bisa ngusung sendiri karena kursi di DPRD Jatim 20 persen tapi kami eggak ingin sendirianlah," tegasnya.

Diketahui, berdasarkan rilis survei Poltracking Indonesia, elektabilitas Gus Ipul masih yang tertinggi yakni berada di 32,29 persen, disusul Risma di angka 27,08 persen.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 19-25 Mei 2017, Gus Ipul, memiliki elektabilitas tertinggi pada Pilkada Jawa Timur 2018.

Sementara tiga kandidat lainnya yakni Tri Rismaharini di urutan kedua dengan 27,08 persen, Khofifah Indar Parawansa 19,11 persen dan Abdullah Azwar Anas 8,47 persen.

"Jika Pilkada Jawa Timur dilaksanakan sekarang, maka Saifullah Yusuf berpotensi unggul menjadi gubernur," kata Hanta, saat peluncuran hasil survei `Menakar Kandidat Potensial Pilkada Jawa Timur 2018`, Jakarta, Minggu (11/6).

KEYWORD :

Pilkada 2018 Pilgub Jatim Gus Ipul PKB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :